Jumat, 29 Juni 2018

KONSEP PENDIDIKAN PRENATAL MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISHBAH



Masa prenatal yaitu periode perkembangan manusia yang dimulai dari  pembuahan  sperma  dan  ovum  sampai  masa  kelahiran.  Pendidikan prenatal artinya pendidikan bagi anak yang masih dalam kandungan. Pra artinya sebelum, natal artinya lahir. Jadi, pendidikan sebelum dilahirkan. Adanya  pengaruh  suasana  yang  diberikan  kepada  anak  pada  masa  di kandungan dengan kecerdasan sang anak yang dilahirkan, telah dilakukan penelitian  oleh  berbagai  ilmuan  modern,  diantaranya  seorang  komponis musik    yang    terkenal    yaitu:    Johannes    Chrysostomus    Wolfgangus Theophilus  Mozart,  lebih  dikenal  dengan  Mozart  menghasilkan  musik dengan irama, melodi dan frekuensi-frekuensi tinggi sehingga merangsang dan  memberi  daya  kepada  daerah-daerah  kreatif  dan  motivatif  dalam
otak.[1] Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah masa pendidikan prenatal dibagi menjadi empat  masa atau tahapan, yaitu, 1) Menentukan jodoh, 2) menikah, 3) masa kehamilan, 4) proses kelahiran,[2] 










Anwar Mujahidin1, Zamzam Farrihatul Khoiriyah2
1,2Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Ponorogo Jl. Pramuka 156 Ponorogo anwarmujahidin@iainponorogo.ac.id1



Abstract: This study aims to analyze the tafseer al-Mishbāh by M. Quraish Shihab on the verses relating to the process of the human creation  that  has  relevance  to  the  concept  of  prenatal  education. The approach used in this research is tafsir maudhū'i, ie tracing the verses relating to the problem under study and then described the interpretation of the verses. The data that have been collected then analyzed  by  the  method  of  content  analysis  which  analyze  the interpreter's thoughts with theoretical categories so that found the main message and the context. The results of the study show that, God  created  the  first  human  Adam  and  Eve  then  cultivate  it  into human  offspring,  by  creating  the  womb.  The  stages  of  human development  in  the  womb  are  ranging  from  nuthfah,  'alaqah, mudghah and ansya'a khalqan ākhar. The stage of ansya'a khalqan ākhar is the stage of the blowing of the spirit, the covenant of God with man, and God gives nature to man. Since that phase, children can  get  education.  The  effort  to  be  done  by  parents  in  educating children in the prenatal period are running worship, reading and memorizing  Al-Qur`a,  dzikir,  dialogue,  follow  the  study  of  Islam (majlis ta`lim), behave well, and be consistent.

Keywords: Prenatal Education, Tafsir al-Mishbāh, Family



Pendahuluan

Pendidikan  merupakan  bagian  yang  tidak  dapat  dipisahkan  dari hidup  dan  kehidupan  manusia.    Dewey  dalam  Jalaluddin  menyatakan, bahwa  pendidikan  sebagai  salah  satu  kebutuhan,  fungsi  sosial,  sebagai bimbingan,  sarana  pertumbuhan  yang  mempersiapkan  dan  membukakan serta     membentuk     disiplin     hidup.     Pernyataan     ini,     setidaknya mengisyaratkan  bahwa  bagaimanapun  sederhananya  komunitas  manusia, memerlukan  adanya  pendidikan.  Sebab,  pendidikan  secara  alami  sudah merupakan kebutuhan hidup manusia.1
Anak  adalah  amanah  dari  Allah  Swt.  anak  juga  merupakan  aset

bangsa.  Untuk  itu,  anak  harus  diasuh,  dibina,  dididik,  dan  dilatih  untuk menjadi anak yang shaleh, bertakwa kepada Tuhan, berbudi pekerti luhur, beramal,  dan  mempuntai  etika  serta  menguasai  ilmu  pengetahuan  adan teknologi.     Sehubungan     hal     tersebut,     kita     harus     benar-benar memperhatikan pendidikan mereka bahkan sejak masih dalam kandungan (prenatal).  Sebagaimana  kita  ketahui  bahwa  pada  umumnya  pendidikan itu dimulai sejak lahir (postnatal), namun dewasa ini timbul wacana baru yang  menyatakan  bahwa  pendidikan  dapat  dimulai  sejak  anak  masih dalam   kandungan.   Baihaqi   sebagaimana   dikutip   oleh   Nur   Uhbiyati menyatakan bahwa anak di dalam kandungan (yang telah mendapat ruh) sudah mampu merespon terhadap segala stimulus dari lingkungan luarnya yang  kadang-kadang  ibu  yang  mengandungnya  tidak  menyadarinya.  Al-
Qur’an  telah  menjelaskan  bahwa  ruh  (nyawa)  yang  ditiupkan  malaikat,







1   Jalaluddin,  Teologi  Pendidikan  (Jakarta:  PT  Raja  Grafindo  Persada,
2003), hal. 67.



yang  lantas  memberi  hidup  kepada  anak  di  dalam  kandungan,  sudah memiliki daya kognitif yang tinggi.2
Masa prenatal yaitu periode perkembangan manusia yang dimulai dari  pembuahan  sperma  dan  ovum  sampai  masa  kelahiran.  Pendidikan prenatal artinya pendidikan bagi anak yang masih dalam kandungan. Pra artinya sebelum, natal artinya lahir. Jadi, pendidikan sebelum dilahirkan. Adanya  pengaruh  suasana  yang  diberikan  kepada  anak  pada  masa  di kandungan dengan kecerdasan sang anak yang dilahirkan, telah dilakukan penelitian  oleh  berbagai  ilmuan  modern,  diantaranya  seorang  komponis musik    yang    terkenal    yaitu:    Johannes    Chrysostomus    Wolfgangus Theophilus  Mozart,  lebih  dikenal  dengan  Mozart  menghasilkan  musik dengan irama, melodi dan frekuensi-frekuensi tinggi sehingga merangsang dan  memberi  daya  kepada  daerah-daerah  kreatif  dan  motivatif  dalam
otak.[1]3

Dalam  pemikiran  pendidikan  Islam  juga  sudah  dikembangkan berbagai  pemikiran  yang  menekankan  orang  tua  untuk  mendidik  anak pada  masa  prenatal,  antara  lain  memelihara  suasana  psikologis  yang damai dan tentram agar secara psikologis janin dapat berkembang secara normal,   senantiasa   meningkatkan   ibadah   dan   meninggalkan   maksiat terutama bagi ibu agar janinnya mendapat sinaran cahaya dari Allah Swt. Keimanan  menentukan  kestabilan  psikologis  ibu  yang  sedang  hamil. Keimanan   mengajarkan   kesabaran   dan   istiqomah   dalam   menentukan
pilihan kehidupan. Ketahanan jasmani dan rohani manusia akan rapuh jika


2    Nur  Uhbiyati,  Long  Life  Education  Pendidikan  Anak  Sejak  Dalam
Kandungan Sampai Lansia (Semarang: Walisongo Press, 2009), hal. 5-6.
3  Muhammad Za’im, “Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan
IQ,  EQ  dan  SQ  (Studi  Kitab  Tuhfat  Al-Mawdud  Bi  Ahkam  Al-Mawlud  Karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah),” Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2016): 81.

kerangka   acuan   hidup   keagamaannya   tidak   lagi   berkembang   dalam pribadinya sehingga mudah diserang oleh penyakit lahiriah yang berasal dari rohaniah.4
Surat al-Mukminun ayat 12-14 menjelaskan kejadian yang dilalui dalam proses   prenatal  yaitu:
Artinya:  “Dan  sesungguhnya  Kami  telah  menciptakan  manusia  dari saripati  dari  tanah.  Kemudian  Kami  menjadikannya  nuthfah dalam tempat yang kokoh. Kemudian Kami ciptakan nuthfah itu
‘alaqah,  lalu  Kami  ciptakan  ‘alaqah  itu  mughdah,  lalu  Kami ciptakan   mughdah   itu   tulang   belulang,   lalu   Kami   bungkus tulang    belulang    itu    dengan    daging.    Kemudian        Kami
mewujudkannya makhluk lain. Maka Maha banyak keberkahan
Allah, pencipta Yang Terbaik. (Q.S al-Mukminūn: 12-14)
Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah masa pendidikan prenatal dibagi menjadi empat  masa atau tahapan, yaitu, 1) Menentukan jodoh, 2) menikah, 3) masa kehamilan, 4) proses kelahiran,[2] 5
5  Muhammad Zaim, “Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan
IQ,  EQ  dan  SQ  (Studi  Kitab  Tuhfat  Al-Mawdud  Bi  Ahkam  Al-Mawlud  Karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah),” Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2016): 81.
Menurut  Tafsir  Al-Mishbāh  karya  M.  Quraisy  Shihab,  manusia yang  memiliki  ruh,  sifat  kemanusiaan,  potensi  untuk  berpengetahuan, mengarungi  kedalaman   samudra  serta   menjelajahi   angkasa  luar.   Hal tersebut  tercapai  karena  Allah  mewujudkannya,  dengan  memelihara  dan mendidiknya. Dan manusia memiliki potensi yang sangat besar sehingga ia    dapat    melanjutkan    evolusinya    hingga    mencapai    kesempurnaan makhluk.5  Tugas utama dari keluarga bagi pendidikan anak ialah sebagai peletak  dasar  bagi  pendidikan  akhlak  dan  pandangan  hidup  keagamaan. Sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orang tuanya dan dari anggota keluarga yang lain.6
Sebagai  orang  tua  atau  pendidik,  harus  sadar  bahwa  lingkungan

yang   paling   bertanggung   jawab   terhadap   pendidikan   anak   adalah


4  Hasan Basri dan Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pendidikan Islam (Jilid 2)
(Bandung: Pustaka Setia, 2010), hal. 246-247.
5  Mustafa  dan  M.Quraisy  Shihab,  Tafsir  Al-Mishbāh  (Pesan,  Kesan  dan
Keserasian Al-Qur’an) (Jakarta: Lentera Hati, 2002), hal. 164-169.
6   Hasbullah,  Dasar-Dasar  Ilmu  Pendidikan  (Jakarta:  PT  Raja  Grafindo
Persada, 2009), hal. 38.



keluarga,   disamping   lingkungan   sekolah   dan   masyarakat.   Berhasil tidaknya proses pendidikan juga sangat bergantung pada lingkungan yang menumbuhkan  dan  mengembangkan  anak-anak.  Oleh  karena  itu,  orang tua perlu memberikan keteladanan yang baik. Tanpa keteladanan (uswāh hasanah), rasanya sulit mengkader generasi yang Qur’ani yang kelak akan meneruskan cita-cita Islam.7
Pada  kenyataannya  sekarang  ini,  pendidikan   prenatal  kurang

mendapat perhatian, bahkan cenderung diabaikan. Hal ini, adalah karena mereka  menganggap  bahwa  perkembangan  hidup  individu  dalam  rahim ibu sifatnya perkembangan fisik. Beberapa ayat al-Qur’an dan hadis Nabi Saw  telah  menjelaskan  tentang  kehidupan  manusia  sejak  janin  berada dalam  kandungan  ibunya.  Islam  juga  mengajarkan  sistem  pendidikan prenatal dengan pembiasaan yang baik menurut ajaran Islam.8
Pendidikan yang dapat dipelajari pada masa prenatal diharapkan

mampu  memberikan  kontribusi  bagi  masyarakat  terutama  bagi  orangtua akan pentingnya pendidikan pada masa prenatal. Didalam al-Qur’an juga telah  dijelaskan  terkait  penciptaan  manusia  serta  tahapan-tahapannya. Oleh karena itu, menarik untuk mengkaji konsep pendidikan prenatal ini dengan melakukan studi terhadap tafsir al-Qur`an.
Masalah   yang   menjadi   fokus   kajian   penelitian   ini,   adalah bagaimana hakikat pendidikan masa prenatal dalam al-Qur’an Tafsir Al- Mishbāh karya M. Quraisy Shihab? Dan  bagaimana bentuk-bentuk usaha pendidikan orang tua terhadap anak pada masa prenatal dalam al-Qur’an
Tafsir Al-Mishbāh  karya M. Quraisy Shihab?



7   Abdul  Mustaqim,  Menjadi  Orangtua  Bijak:  Solusi  Kreatif  Menangani
Berbagai Masalah pada Anak (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2005), hal. 22-23.
8  Basri dan Saebani, Ilmu Pendidikan Islam (Jilid 2).



Metode


Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif 9  yang berupa studi


kepustakaan    dengan    pendekatan    tafsir    tematik    (mawdhū’i),    yaitu menganalisis    kelompok    ayat    yang    memiliki    hubungan    tematik. Pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran ayat-ayat melalui kata- kata  kunci  di  mu’jam  al-Qur`an  sesuai  dengan  rumusan  masalah  yang diteliti.   Ayat-ayat   yang   telah   terkumpul   kemudian   diklasifikasikan berdasarkan  kesesuaian  isinya  berdasarkan  Tafsir  Al-Mishbāh   karya  M. Quraish Shihab. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi  (content  analysis).  Teknik  analisis  isi  adalah  teknik  analisis  untuk mengurai isi dan karakteristik pesan utama secara sistematis. Selain fungsi tersebut,  teknik  analisis  isi  juga  digunakan  untuk  mengurai  pemikiran sebuah   buku   dengan   kategori-kategori   teoritik   sehingga   ditemukan konteks  dari  pesan  yang  disampaikan  oleh  sebuah  buku.10   Kesimpulan dicapai dengan metode induksi, yaitu bertitik tolak dari hasil analisis yang bersifat  khusus  kemudian  merumuskan  dalam  pernyataan  yang  bersifat umum.11
Sejauh    penelusuran    penulis,    penelitian    mengenai    konsep

pendidikan prenatal  Tafsir Al-Mishbāh   karya M. Quraish Shihab belum banyak diteliti oleh para peneliti terdahulu. Di antara karya yang berkaitan dengan  pendidikan  prenatal  dalam  al-Qur`an  adalah  tesis  karya  Arief Rifkiawan  Hamzah,  yang  berjudul,  “Pendidikan  Prenatal  menurut  Ibn
Qayyim  al-Jawziyah  dan  Implikasinya  terhadap  Perkembangan  Potensi



hal. 1.

9  Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2008),

10  Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, trans. oleh Alwiyah

Abdurrahman (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1993), hal. 72-73.
11  Sudarto, Metode Penelitian Filsafat (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
1997), hal. 57-58.



Anak,   (Studi   Kitab   Tuhfatul   Maudūd   bi   ahkāmil   Maulūd)”.Tujuan penelitian  tersebut  adalah  untuk  mengetahui  konsep  pendidikan  prenatal menurut   Ibn   Qayyim   al-Jawziyah   dan   implikasinya   kepada   calon pengantin dan perkembangan potensi anak.12
Penelitian    selanjutnya    adalah    berjudul,    “Pendidikan    Anak

Pranatal Menurut Ajaran Islam”, hasil penelitian Armin Ibnu Rasyim dan Halimatus Syadi’yah. Artikel tersebut adalah hasil penelitian kepustakaan yang menganalisis berbagai pemikiran yang berkembang dalam khazanah pendidikan   Islam   menegnai   pendidikan   anak   masa   pranatal.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan anak pranatal menurut ajaran Islam pada aspek psikis dapat meliputi; 1) mendirikan shalat, membaca al- Qur’an, dan selalu berdo’a, dengan cara ini akan berdampak kepada anak untuk beribadah yang Islami, 2) Pendidikan anak pranatal menurut ajaran Islam  pada  aspek  fisik  dapat  meliputi;  mengkonsumsi  makanan  yang bergizi  dan  melakukan  olah  raga  dengan  baik,  dengan  cara  ini  akan berdampak  kepada  pertumbuhan  dan  perkembangan  anak  dengan  baik, dan 3) Pendidikan anak pranatal menurut ajaran Islam pada aspek psikis dan psikis dapat meliputi; berakhlak mulia, mengikuti pengajian, memilih lingkungan  yang  sehat  dan  Islami,  dan  melakukan  dialog  dan  bercerita, dengan cara ini akan memberikan dampak baik kepada pertumbuhan dan perkembangan  kepada  kehidupan  anak,  juga  kepada  tingkat  intelegensi
dan kecerdasan emosional anak sesudah lahir.13





12   Rifkiawan  Hamzah,  “Pendidikan  Prenatal  menurut  Ibn  Qayyim  al- Jawziyah  dan  Implikasinya  terhadap  Perkembangan  Potensi  Anak,  (Studi  Kitab Tuhfatul Maudūd bi ahkāmil Maulūd)” (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016).
13    Armin  Ibnu  Rasyim  dan  Halimatus  Sya’diyah,  “Pendidikan  Anak
Pranatal Menurut Ajaran Islam,” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah 1, no. 1 (2013): 54.



Hasil dan Pembahasan

Tafsir Al-Mishbāh

Penulis  Tafsir  al-Mishbāh  adalah  Muhammad  Quraish  Shihab, beliau lahir pada 16 Februari 1964 di Rappang, Sulawesi Selatan. Ia putra dari  Abdurrahman  Shihab  seorang  guru  besar  dalam  bidang  tafsir  yang pernah  menjadi  Rektor  IAIN  Alauddin  serta  tercatat  sebagai  salah  satu pendiri  Universitas  Muslim  Indonesia  (UMI)  di  Ujung  Pandang.  Selain mengenyam pendidikan dasar di Ujung Pandang, ia digembleng ayahnya untuk  mempelajari  al-Qur’an.  Pada  tahun  1958,  Quraish  berangkat  ke Kairo, Mesir, atas bantuan beasiswa dari Pemerintah Sulawesi Selatan. Ia diterima  di  kelas  II  Tsanawiyah  al-Azhar.  Sembilan  tahun  kemudian, tahun  1967,  pendidikan  strata  satu  diselesaikan  di  Universitas  al-Azhar Fakultas  Ushuluddin  Jurusan  Tafsir-Hadis.  Pada  tahun  1969  gelar  M.A diraihnya di universitas yang sama.14
M. Quraish Shihab sempat kembali ke Indonesia, namun tak lama

sebab  pada  tahun  1980  ia  kembali  lagi  ke  Universitas  al-Azhar  untuk menempuh program doctoral. Ia hanya meerlukan waktu dua tahun, 1982, untuk    menyelesaikan    jenjang    pendidikan    strata    tiga    itu.    Bahkan yudisiumnya  medapat  predikat  summa  cumluade  dengan  penghargaan tingkat  I.  Ia  pun  tercatat  sebagai  orang  pertama  di  Asia  Tenggara  yang meraih   gelar   doktoral   dalam  ilmu-ilmu   al-Qur’an   di   Universitas   al- Azhar.15
Tafsir  Al-Mishbāh  ditulis  oleh  M.  Quraish  Shihab  ketika  beliau
menjadi duta besar RI di Mesir. Dari sekian banyak karyanya, Tafsir al- Mishbāh  merupakan  mahakaryanya  yang  paling  monumental.  Tafsir  ini

14   Saiful  Amin  Ghofur,  Mozaik  Mufasir  al-Qur’an  dari  Klasik  hingga
Kontemporer (Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013), hal. 186.
15  Ibid.



telah  menempatkannya  sebagai  mufasir  Indonesia  nomor  pertama  yang mampu  menulis  tafsir  al-Qur’an  30  juz  dengan  sangat  mendetail  hingga
15  jilid/volume.  Ia  menafsirkan  al-Qur’an  secara  runtut  sesuai  dengan

tertib susunan ayat dan surah.16

Sebelum  memulai  menafsirkan  surah,  Quraish  terlebih  dahulu memberi  pengantar,  yang  berisi  antara  lain,  nama  surah,  dan  nama  lain surah   tersebut,   jumlah   ayat   (terkadang   disertai   penjelasan   tentang perbedaan penghitungan), tempat turun surah (al-makiy dan al-madaniy) disertai pengecualian ayat-ayat yang tidak termasuk kategori, nomor surah berdasarkan  urutan  mushaf  dan  urutan  turun,  tema  pokok,  keterkaitan (munāsabah) antara surah sebelum dan sesudahnya, dan sebab turun ayat (asbābun  nuzūl).17   Dalam  pengantar  surah,  Quraish  juga  menyampaikan pembahasan  mengenai  tujuan  surah  atau  tema  pokok  surah.  Menurut prinsip  Quraish  Shihab,  jika  mampu  diungkap  tema-tema  pokok  setiap surah, maka secara umum dapat diperkenalkan pesan utama setiap surah, dan  dengan  memperkenalkan  ke  114  surah,  kitab  suci  ini  akan  dikenal lebih dekat dan mudah.18
Setelah  pengantar  surah,  Tafsir  al-Mishbāh  memulai  penafsiran

dengan pengelompokan ayat yang memiliki kesamaan tema pembahasan, penjelasan    tema    umum    kelompok    ayat    yang   ditafsirkan,    dengan menjelaskan  hubungan  atau   munāsabah   antara  ayat  yang  ditafsirkan dengan   kelompok   ayat   sebelumnya.   Tema   umum   kelompok   ayat,
terkadang  juga  disampaikan  dengan  menghubungkan  tema  pembahasan


16   Mustafa  dan  M.Quraish  Shihab,  Membumikan  Kalam  di  Indonesia
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hal. 188.
17  Ghofur, Mozaik Mufasir al-Qur’an dari Klasik hingga Kontemporer.
18   Anwar  Mujahidin,  “Paradigma  Baru  Mengenai  Harta  Studi  Terhadap
Tafsir  Al-Mishbāh  Karya  M.Quraish  Shihab,”  Dialog:  Jurnal  Penelitian  dan
Kajian Keagamaan 70 (2010): 92.



kelompok ayat dengan konteks masa Nabi Muhammad saw. Pembahasan dilanjutkan  dengan  penjelasan  bagian-bagian  ayat,  dan  ditutup  dengan kesimpulan, baik pada bagian ayat maupun akhir pembahasn akhir ayat.19
Tafsir  Al-Misbāh  ini  tentu  saja  tidak  murni  hasil   penafsiran (ijtihad) Quraish Shihab saja. Sebagaimana pengakuannya sendiri, banyak sekali ia mengutip dan menukil pendapat-pendapat para ulama, baik klasik maupun kontemporer. Yang paling dominan tentu saja kitab  Tafsir Nazm al-Durar  karya  ulama  abad  pertengahan  Ibrahim  ibn  ‘Umar  al-Biqa‘i  (w
885/1480).   Ini   wajar,   karena   tokoh   ini   merupakan   objek   penelitian Quraish  ketika  menyelesaikan  program  Doktornya  di  Universitas  Al- Azhar.   Muhammad   Husein   Thabathab’i,   ulama   Syi’ah   modern   yang menulis  kitab  Tafsîr  al-Mizan  lengkap  30  juz,  juga  banyak  menjadi rujukan  Quraish  dalam  tafsirnya  ini.  Dua  tokoh  ini  kelihatan  sangat banyak  mendapat  perhatian  Quraish  Shihab  dalam    Tafsir  Al-Mishbāh nya.  Selain  al-Biqā’i  dan  Thabathaba’i,  Quraish  juga  banyak  mengutip pemikiran-pemikiran  Muhammad  al-Thantawi,  Mutawalli  as-Sya‘rāwi, Sayyid Quthb dan Muhammad Thāhir ibn Asyūr.20

Fase Perkembangan Janin Masa Prenatal

Asal   kejadian   manusia   dan   perkembangbiakannya   dijelaskan dalam surat al-Nisā’ ayat , sebagai berikut:
Artinya:  “Hai  sekalian  manusia,  bertakwalah  kepada  Tuhan  kamu  yang telah  menciptakan  kamu  dari  diri  yang  satu,  dan  menciptakan darinya   pasangannya:   Allah   memperkembangbiakkan   dari keduanya    laki-laki    yang    banyak    dan    perempuan.    Dan


19     Anwar   Mujahidin,   Antropologi   Tafsir   Indonesia;   Analisis   Kisah Ibrahim, Musa,  dan Maryam dalam  Tafsir Karya Mahmud  Yunus, Hamka, dan M. Quraish Shihab (Ponorogo: STAIN Po Press, 2016), hal. 279.
20  Muhammad Iqbal, “Metode Penafsiran Al-Qur’an M. Quraish Shihab,”
Tsaqafah 6, no. 2 (2010): 260.



bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta     dan     (pelihara     pula)     hubungan     silaturrahim. Sesungguhnya Allah Maha mengawasi kamu.” (Q.S al-Nisā’: 1)

M. Quraish Shihab menjelaskan bahwa kata (ةدحاو سفن) min nafsin wāhidāh pada ayat di atas dipahami oleh para Ulama dalam arti Adam as, dan  ada  juga  yang  memahaminya  dalam  jenis  manusia  laki-laki  dan perempuan.  Syekh  Muhammad  Abduh,  al-Qāsimi,  dan  beberapa  ulama’ kontemporer  lainnya  memahaminya  demikian,  sehingga  ayat  ini  sama dengan firman-Nya dalam (Q.S al-Hujarāt ayat 13). Surat al-Hujarāt ayat
13  memang  berbicara  tentang  asal  kejadian  manusia  yang  sama  dari seorang ayah dan ibu yakni sperma ayah dan ovum atau indung telur ibu. Tetapi,    tekanannya    pada    persamaan    hakikat    kemanusiaan    orang perorangan,  karena  setiap  orang  walau  berbeda-beda  ayah  dan  ibunya, tetapi  unsur  dan  proses  kejadian  mereka  sama.  Karena  itu,  tidak  wajar seseorang  menghina  tau  merendahkan  orang  lain.  Adapun  ayat  an-Nisa’ ini,   menjelaskan   kesatuan   dan   kesamaan   orang-perorangan   dari   segi hakikat  kemanusiaan,  tetapi  konteksnya  untuk  menjelaskan  banyak  dan berkembangbiaknya  mereka  dari  seorang  ayah  yakni  Adam  dan  seorang ibu      yakni      Hawa.      Ini      dipahami      oleh      pernyataan:      Allah memperkembangbiakkan   laki-laki   yang   banyak   dan   perempuan.   Ini tentunya  baru  sesuai  jika  kata  min  nafsin  wāhidāh  dipahami  dalam  arti ayah  manusia  seluruhnya  (Adam  as)  dan  pasangannya  (Hawa)  lahir darinya  laki-laki  dan  perempuan  yang  banyak.  Memahami  makna  min nafsin wāhidāh sebagai Adam as, menjadikan kata (اهجوز) zāujāhā, yang secara harfiah bermakna pasangannya, adalah isteri Adam as yaitu Hawa. Agaknya, karena ayat ini menyatakan bahwa pasangan itu diciptakan dari



min  nafsin  wāhidāh  yang  berarti  Adam,  maka  para  mufassir  terdahulu memahami bahwa isteri Adam di ciptakan dari Adam sendiri.21
Penegasan  Allah  bahwa  (اهجوز  اهنم  قلخ)  khalaqa  minhā  zaujahā atau  Allah  menciptakan  darinya,  yakni  nafsin  wāhidah  itu  pasangannya mengandung  makna  bahwa  pasangan  suami  istri  hendaknya  menyatu sehingga  menjadi  diri  yang  satu,  yakni  menyatu  dalam  perasaan  dan pikirannya,  dalam  cita  dan  harapannya,  dalam  gerak  dan  langkahnya, bahkan dalam menarik dan menghembuskan nafasnya.22
Kata  (ماحرلاا)  al-arhām  adalah  bentuk  jamak  dari  rahim  yaitu

tempat   peranakan.   Disanalah   benih   anak   tinggal,   tumbuh   dan   lahir. Selanjutnya   berkembang   biak.   Rahim   adalah   yang   menghubungkan seseorang    dengan    yang    lainnya,    bahklan    melalui    rahim    menjadi persamaan  sifat,  fisik,  dan  psikis  yang  tidak  dapat  diingkari.  Kalaupun persamaan itu tidak banyak, tetapi ia pasti ada. Betapapun, dengan rahim telah terjalin hubungan yang sangat erat antar manusia. Karena itu, Allah mengancam  siapa  yang  memutuskan,  dan  menjanjikan  keberkatan  dan usia  yang  panjang  bagi  siapa  yang  memeliharanya.  Di  sisi  lain,  dengan jalinan   rahim,   seseorang   akan   merasa   sangat   dekat,   sehingga   atas namanya seorang saling bantu membantu dan tolong menolong.23
Kesimpulan dari penjelasan ayat di atas adalah Allah menciptakan
manusia  pertama  yaitu  Adam  as,  kemudian  menciptakan  pasangannya yaitu  Hawa.  Allah  memperkembangbiakkan  dari  keduanya  laki-laki  dan perempuan yang banyak. Populasi manusia pada mulanya bersumber dari




21   M.Quraisy  Shihab,  “Tafsir  Al-Misbah  Vol.  2,”  in  Tafsir  Al-Misbah
(Jakarta: Lentera Hati, 2004), hal. 314-315.
22  Shihab, “Tafsir Al-Misbah Vol. 2.”
23  Ibid.



satu   pasangan,   kemudian   satu   pasangan   tersebut   berkembangbiak, demikian seterusnya hingga setiap saat bertambah.
Surat   al-Haj   ayat   5   menjelaskan   tentang   perkembangbiakan manusia   yang   semula   dari   manusia   pertama   yaitu   Adam,   kemudian bereproduksi dengan sistem kehamilan.
Artinya:“Sesungguhnya   kami    telah    menjadikan    kamu    dari    tanah, kemudian  dari  setetes  mani,  kemudian  dari  segumpal  darah, kemudian  dari  segumpal  daging  yang  sempurna  kejadiannya dan yang tidak sempurna agar kami jelaskan kepada kamu dan kami  tetapkan  dalam  rahim,  apa  yang  kami  kehendaki  sampai waktu  yang  sudah  ditentukan,  kemudian  Kami  keluarkan  kamu sebagai  bayi,  kemudian  agar  kamu  mencapai  masa  terkuat kamu,  dan  diantara  kamu  ada  yang  diwafatkan  dan  diantara kamu  ada  yang  dikembalikan  sampai  ke  umur  yang  rendah hingga akhirnya dia tidak mengetahui sesuatu pun yang dahulu telah diketauhinya. Dan engkau melihat bumi kering kerontang, maka apabila telah Kami turunkan air di atasnya dia bergerak dan   mengembang   dan   menumbuhkan   berbagai   jenis   yang indah.” (Q.S al-Haj: 5)24

Pendapat M. Quraish Shihab tentang bagian dari ayat 5 surat al- Hajj dijelaskan bahwa penciptaan Adam as berasal dari tanah atau turāb. Kemudian  dilanjutkan  dengan  reproduksi  manusia,  yang  mana  turāb disini  diartikan  sebagai  sperma  sebelum  bertemu  dengan  indung  telur. Pemahaman  demikian  atas  dasar  bahwa  asal  usul  sperma  adalah  dari makanan  manusia,  baik  tumbuhan  maupun  hewan  yang  bersumber  dari tanah. Jika dipahami demikian, maka keseluruhan tahap yang disebut pada ayat  ini  berbicara  tentang  reproduksi  manusia  sampai  pada  saat  anak tersebut dilahirkan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan satu-persatu
tahapannya.



24   M.Quraisy  Shihab,  “Tafsir  Al-Misbah  Vol.  9,”  in  Tafsir  Al-Misbah
(Jakarta: Lentera Hati, 2004), hal. 10.



M. Quraish Shihab menjelaskan tentang tahapan-tahapan prenatal sebagai berikut: (1) ةفطن nuthfah dalam bahasa Arab berarti setetes yang dapat  membasahi.  Ada  juga  yang  memahami  kata  itu  dalam  arti  hasil pertemuan  sperma  dan  ovum.  Penggunaan  kata  ini  menyangkut  proses kejadian      manusia      sejalan      dengan      penemuan      ilmiah      yang menginformasikan    bahwa    pancaran    mani    dari    alat    kelamin    pria mengandung  sekitar  dua  ratus  juta  benih  manusia,  sedang  yang  berhasil bertemu dengan indung wanita hanya satu. Ada juga yang memahami kata nuthfāh  dalam  arti  hasil  pertemuan  sperma  dan  ovum;  (2)  ةقلع  ‘alaqah terambil  dari  kata  (قلع)  ‘alaq.  Dalam  kamus  bahasa  Indonesia,  kata  itu diartikan  dengan  segumpal  darah  yang  membeku,  sesuatu  yang  seperti cacing,   sesuatu   yang   bergantung   atau   berdempet.   Tetapi   pengertian tersebut  berbeda  dengan  para  ahli  embriologi yang  mengartikan  ‘alaqah sebagai   sesuatu   yang   bergantung   atau   berdempet   di   dinding   rahim. Menurut mereka, setelah terjadi pembuahan (nuthfah yang berada dalam rahim  itu),  maka  proses  di  mana  hasil  pembuahan  itu  menghasilkan  zat baru,   yang   kemudian   terbelah   menjadi   dua,   demikian   seterusnya berkelipatan dua, dan dalam proses itu, ia bergerak menuju dinding rahim dan  akhirnya  bergantung  dan  berdempet  di  sana;  (3)  ةغضم  mudghāh terambil dari kata (غضم) yang berarti mengunyah. Mudgah adalah sesuatu
yang kadarnya kecil sehingga dapat dikunyah.  ةقلخم mukhallaqah terambil


dari  kata

)قلخ)  khalaqa  yang  berarti  mencipta  atau  menjadikan.  Patron


kata  yang  digunakan  dalam  ayat  ini  mengandung  makna  pengulangan. Dengan   demikian   penyifatan   (ةغضم)   mudghah   dengan   mukhallaqah mengisyaratkan    bahwa    sekerat    daging    itu    mengalami    penciptaan berulang-ulang   kali   dalam   berbagai   bentuk,   sehingga   pada   akhirnya



mengambil  bentuk  manusia  (bayi)  yang  sempurna  semua  organnya  dan tinggal menanti masa kelahirannya.25
Dalam  ayat  ini  dijelaskan  juga  bahwa  Allah  SWT.  menciptakan sesuatu  itu  berpasang-pasangan.  Menciptakan  pasangan-pasangan  bagi tumbuh-tumbuhan, yang dengan pasangannya ia dapat berkembang biak. Semua makhluk hidup memiliki pejantan dan betina, baik makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia maupun benda yang tidak bernyawa.26
Kesimpulan  dari  pernyataan    ayat  di  atas  adalah  bahwa  dalam

surat al-Hajj ayat 5 menurut M. Quraish Shihab menjelaskan tema tentang manusia  yang  tidak  percaya  dan  membantah  tanpa  dasar  tentang  kuasa Allah  membangkitkan  manusia  setelah  kematian.  Melalui  ayat  ini  Allah mengajak manusia untuk merenungkan kuasa Allah dan keniscayaan hari kebangkitan.   Misalnya,   kekuasaan   Allah   terhadap   proses   penciptaan manusia, reproduksi manusia, beserta dengan menciptakan makhluk hidup dengan berpasang-pasangan dan mengembang biakkannya.
Di dalam al-Qur’an surat al-Mukminūn ayat 12-16 juga dijelaskan tentang tahap prenatal yaitu:
Artinya:“Dan   sesungguhnya   Kami   telah   menciptakan   manusia   dari saripati  dari  tanah.  Kemudian  Kami  menjadikannya  nuthfah dalam tempat yang kokoh. Kemudian Kami ciptakan nuthfah itu
‘alaqah,  lalu  Kami  ciptakan  ‘alaqah  itu  mughdah,  lalu  Kami
ciptakan   mughdah   itu   tulang   belulang,   lalu   Kami   bungkus tulang    belulang    itu    dengan    daging.    Kemudian        Kami mewujudkannya makhluk lain. Maka Maha banyak keberkahan Allah, pencipta Yang Terbaik.(Q.S al-Mukminūn:12-14)27




25  Shihab, “Tafsir Al-Misbah Vol. 9.”
26  Ibid.
27  Ibid.



Menurut M. Quraish Shihab ayat ini menjelaskan tentang proses kejadian   manusia.   Uraian   tentang   proses   tersebut   yang   demikian mengagumkan membuktikan perlunya beriman dan tunduk kepada Allah SWT.  serta  keharusan  mengikuti  jejak-jejak  orang-orang  mukmin.  Hal itulah  yang  dapat  mengantar  manusia  mencapai  kesempurnaan  hidup duniawi  dan  ukhrawi.  M.  Quraish  Shihab  mengutip  dari  āl-Biqā’i  yang menguraikan  munasabah  ayat-ayat  tersebut  dengan  menyatakan  bahwa, akhir ayat yang lalu berbicara tentang pewarisan surga di hari kemudian. Ada kelompok yang menuju surga yang penuh kenikmatan dan ada juga kelompok   yang   menuju   neraka.   Kami   kuasa   membangkitkan   kamu kembali,  walaupun  jasad  kamu  telah  koyak  dan  telah  menjadi  tanah. Karena  tanah  pernah  menjadi  sumber  kehidupan.  Sebagaimana  Kami kuasa  memulai  dengan  menciptakan  orang  tua  kamu,  Adam  dari  tanah yang  ketika  itu  belum  menjadi  sumber  kehidupan,  maka  kini  Kami mampu menghidupkan kamu semua kembali setelah kamu menjadi tanah yang sudah pernah hidup.28
Berbeda  dengan  surat  al-Hajj  ayat  5,  pada  ayat  ini  banyak  yang

berpendapat  bahwa    yang  dimaksud  (ناسنلإا)  al-insān  adalah  Adam  as. Tetapi  tidak  menjadi  halangan,  karena  anak  keturunan  Adam  melalui proses nuthfah. Pendapat lain menyatakan, bahwa kata al-insān dimaksud
adalah  jenis  manusia.  M.  Quraish  Shihab  mengutip dari  Al-Biqā’i, yang


menyatakan  bahwa

)نيط  نم  ةللس)  saripati  tanah,  merupakan  tanah  yang


menjadi bahan penciptaan adam. Thāhir Ibn ‘āsyur, walaupun membuka kemungkinan   memahami   kata   al-insān   dalam   arti   Adam,   cenderung berpendapat  bahwa al-insān yang dimaksud adalah putra putri Adam As.
Saripati  dari  tanah  itu  menurutnya  adalah  apa  yang  diproduksi  oleh  alat


28  Ibid.



pencernaan  dari  bahan  makanan  yang  kemudian  menjadi  darah,  yang kemudian berproses hingga akhirnya menjadi sperma. Ini yang dimaksud saripati   tanah   karena   berasal   dari   makanan   manusia   baik   tumbuhan maupun hewan yang bersumber dari tanah.29
Tahap-tahap prenatal dalam ayat ini sama dengan yang dijelaskan

di dalam surat al-Hajj ayat 5 yaitu mencakup nuthfāh, ‘alaqah, mudghah. Kemudian  pada  surat  al-Mukminun  ini  menjelaskan  secara  detail  tahap pertama  sampai  menjadi  manusia sempurna yang memiliki  potensi  yang sangat besar. Selanjutnya    (انوسكف) kasaunā terambil dari kata (ىسك) kasā yang   berarti   membungkus.   Daging   yang   diibaratkan   pakaian   yang membungkus  tulang.   M.  Quraish  Shihab  mengutip  dari  Sayyid  Quthub bahwa  di  sini  seseorang  berdiri  tercengang  dan  kagum  di  hadapan  yang diungkapkan  al-Qur’an  menyangkut  hakikat  pembentukan  janin  yang tidak  diketahui  secara teliti  kecuali  baru-baru  ini  setelah  kemajuan  yang dicapai oleh Embriologi. Kekaguman itu lahir antara lain setelah diketahui bahwa  sel-sel  tulang  tercipta  sebelum  sel-sel  daging,  dan  bahwa  tidak terdeteksi  adanya  satu  sel  daging  sebelum  terlihat  sel-sel  tulang,  persis seperti  yang  diinformasikan  ayat  diatas:  Lalu  Kami  ciptakan  mudhghah itu   tulang   belulang,   lalu   Kami   bungkus  tulang  belulang   itu  dengan daging.30
Kata  (أشنأ)  ānsya’a  mengandung  makna  mewujudkan  sesuatu

serta  memelihara  dan  mendidiknya.  Penggunaan  kata  tersebut  dalam menjelaskan proses terakhir dari kejadian manusia mengisyaratkan bahwa proses terakhir itu benar-benar berbeda sepenuhnya dengan sifat, ciri, dan
keadaannya   dengan   apa   yang   ditemukan   dalam   proses   sebelumnya.



29  Ibid.
30  Ibid.



Memang  antara  nuthfah  dan  ‘alaqah  misalnya  juga  berbeda,  namun perbedaannya  itu  boleh  jadi  pada  warna.  Namun,  keduanya  sama  yakni sesuatu  yang  tidak  dapat  hidup  atau  berdiri  sendiri.  Disini  yang  muncul adalah  seorang  manusia  yang  memiliki  ruh,   sifat  kemanusiaan,  potensi untuk berpengetahuan, mengarungi kedalaman samudra serta menjelajahi luar  angkasa.  Hal  mana  tercapai  karena  Allah  mewujudkannya  sambil memelihara   dan   mendidiknya.   Dalam   konteks   ayat   diatas   ulama’ memahami penekanan kata tsumma dan fa tersebut dengan kedudukan dan keajaiban yang demikian tinggi antara yang satu dan yang lain. Ini berarti peralihan nuthfah ke ‘alaqah serta tulang yang terbungkus daging menuju
makhluk lain merupakan peralihan yang sangat menakjubkan.31


Kemudian tahap terakhir dari penjelasan ayat di atas adalah

اقلخ(


)رخآ

khālāqan  ākhār     atau  makhluk  lain  mengisyaratkan  bahwa  ada


sesuatu   yang   dianugrahkan   kepada   makhluk   yang   dibicarakan   ini menjadikan  ia  berbeda  dengan  makhluk-makhluk  yang  lain.  Gorila  atau orang  hutan,  memiliki  organ  yang  sama   dengan  manusia.  Tetapi  ia berbeda  dengan  manusia,  karena  Allah  telah  menganugrahkan  makhluk ini ruh ciptaan-Nya yang tidak Dia anugrahkan kepada siapa pun kendati kepada malaikat. Orang hutan atau apapun akan berhenti evolusinya pada kebinatangan, tetapi makhluk manusia memiliki potensi yang sangat besar sehingga ia dapat melanjutkan evolusinya hingga mencapai kesempurnaan makhluk.32
Kesimpulan  dari  surat  al-Mukminun  ayat  12-16  diatas  yaitu

bahwa    penciptaan    manusia    pertama    menggunakan    saripati    tanah,





31  Ibid.
32  Ibid.



penjelasan  nuthfah,  ‘alaqah,  mudghah,  dan  peniupan  ruh  sampai  saat menjadi bentuk manusia sempurna yang berpotensi besar.
Yang  berbeda  dari  kedua  ayat  di  atas  adalah  pada  surat  al-Hajj ayat  5  penciptaan  manusia  pertama  menggunakan  dengan  kata  turāb, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa turāb diartikan sebagai keturunan dari  Adam  as,  sedangkan  surat  al-Mukminun  ayat  12-16  penciptaan manusia pertama menggunakan kata al-insān, akan tetapi lebih cenderung kepada  putra-putri  Adam  as.  Dan  penciptaannya  menggunakan  saripati tanah,  maksudnya  adalah  apa  yang  diproduksi  oleh  alat  pencernaan  dari bahan makanan yang kemudian menjadi darah, yang kemudian berproses hingga akhirnya menjadi sperma. Tahap-tahap prenatal dalam kedua ayat ini  sama  yaitu  nuthfah,  ‘alaqah,  mudghah.  Akan  tetapi  pada  surat  al- Mukminun  disertai  dengan  penjelasan  peniupan  ruh  pada  kata  ānsyā’a yang  berarti  mewujudkan  sesuatu,  memelihara  dan  mendidik.  Dan  akhir ayat pada surat al-Haj dijelaskan sampai anak tersebut lahir ke dunia dan masa anak-anak, remaja serta tua mengalami kepikunan. Dijelaskan juga bahwa  manusia  itu  diciptakan  secara  berpasang-pasangan  jantan  dan betina.   Surat   al-Mukminūn   penjelasannya   hanya   sampai   pada   janin membentuk manusia   sempurna, yang memiliki evolusi dan potensi yang
besar.

Di  dalam  surat  al-Zumar  ayat  6  menyebut  tahap-tahap  prenatal
dengan sebutan kejadian dalam tiga kegelapan adapun penjelasannya: Artinya:  “...Dia  menjadikan  kamu  dalam  perut  ibumu  kejadian  demi
kejadian dalam tiga kegelapan, yang demikian itu adalah Allah, Tuhan   kamu,   Tuhan   yang   mempunyai   kerajaan...”(Q.S   al- Zumar: 6)33



33   M.Quraisy  Shihab,  “Tafsir  Al-Misbah  Vol.  12,”  in  Tafsir  Al-Misbah
(Jakarta: Lentera Hati, 2004), hal. 187.



M.    Quraish    Shihab    menyatakan    tentang    ayat    ini    setelah menegaskan  penciptaan-Nya  terhadap  makhluk-makhluk  tak  bernyawa, kini   disebutkan   penciptaan-Nya   menyangkut   makhluk   hidup   dengan menguraikan penciptaan manusia yang diajak oleh ayat-ayat sebelum al- Zumar, untuk mengesakan Allah dan memurnikan kepatuhan kepada-Nya. Ayat  di  atas  menyatakan  bahwa:  Dia  menciptakan  kamu  dari  satu  nafs yakni  Adam    as.  Kemudian  Dia  jadikan  darinya  nafs  itu  pasangannya yakni istrinya Hawwa dan Dia menurunkan untuk kamu delapan macam pasangan  dari  binatang  ternak  yaitu  unta,  sapi,  domba,  kambing.  Dia menjadikan  kamu  dalam  perut  yakni  rahim  ibu  kamu  kejadian  demi kejadian  yang  sangat  mengagumkan  yakni  tahap  demi  tahap  dalam  tiga kegelapan.  Kegelapan  perut,  rahim,  plasenta.  Yang  berbuat  demikian adalah Allah, Tuhan Pemelihara dan Pembimbing kamu.34
Berbeda-beda  pendapat  Ulama’  tentang  makna  dari  penggalan

ayat 6 dari surat al-Zumar: ( تاملظ ىف قلخ دعب نم اقلخ مكتهمأ نوطب ىف مكقلحي ثلاث) tim   penyusun   tafsir   al-Muntakhab   yang   terdiri   dari   pakar   Mesir, mengomentari  penggalan  ayat  ini  lebih  kurang  sebagai  berikut:  ovum berada  disalah  satu  indung  telur  wanita.  Ketika  puncak  kematangannya, ovum akan keluar dari dalam indung telur kemudian ditangkap oleh salah satu  tabung  valub.  Di  dalam  saluran  valub,  ovum  kemudian  berjalan menuju  rahim  dan  baru  akan  sampai  ke  rahim  setelah  beberapa  hari. Selanjutnya Tim Penyusun tafsir al-Muntakhab mengemukakan mengenai penafsiran tiga fase kegelapan dalam ayat ini yaitu indung telur, saluran valub, dan rahim. Allah Sang Pencipta telah mengisyaratkan fakta ilmiah
ini  di  dalam  kitab  suci-Nya  pada  saat  orang  belum  menemukan  ovum




34  Shihab, “Tafsir Al-Misbah Vol. 12.”



pada binatang mamalia, serta perjalanannya di dalam tubuh wanita yang jauh dari penglihatan mata.35
Kemudian dalam surat al-Zumar ayat 6, Tim Penyusun Tafsir al- Muntakhab   mengemukakan   bahwa    mengenai   penafsiran   tiga   fase kegelapan   dalam   ayat   ini,   memang   terdapat   perbedaan   pendapat   di kalangan para ahli. Diantaranya: 1) perut, rahim dan plasenta atau selaput pembalut  janin.  2)  perut,  charlon  (membantu  membentuk  plasenta)  dan ownion  (selaput  yang  langsung  melapisi  janin),  3)  perut,  punggung  dan rahim.   Mereka   akhirnya   mendapat   kesimpulan   bahwa:   “tampaknya pendapat  terakhir  yang  paling  kuat  karena  merupakan  tiga  masa  yang terpisah   dan   berbeda-beda   tempatnya.   Allah   Sang   Pencipta,   telah mengisyaratkan fakta ilmiah ini di dalam kitab suci-Nya pada saat orang belum menemukan ovum pada binatang mamalia, serta perjalannannya di dalam tubuh wanita yang jauh dari penglihatan mata.36
Penjelasan dari beberapa ayat di atas dapat disimpulkan bahwa di

dalam  al-Qur’an  proses  penciptaan  manusia,  reproduksi  manusia  serta tahap-tahap   dari   penciptaannya   telah   dipaparkan   secara   jelas   dan berurutan. Di dalam al-Qur’an disebutkan bahwa manusia diciptakan dari setetes  mani  yang  bercampur.  Sejak  itulah  proses  kehidupan  manusia dimulai dan pendidikan pun bersamaan dalam proses pertemuan kedua sel tersebut, sehingga pendidikan pada saat itu sangat penting bagi keturunan. Kandungan     ibu     (rahim)     merupakan     tempat     pertumbuhan     dan perkembangan  yang  pertama  bagi  anak.  Anak  dalam  kandungan  sudah
mempunyai jiwa, sudah mengalami perkembangan dan kemajuan jiwanya.





35  Ibid.
36  Ibid.



Masa prenatal  atau periode prenatal merupakan periode pertama dalam  rentang  kehidupan  manusia.  Periode  ini  merupakan  periode  yang paling singkat dari seluruh periode perkembangan manusia, namun dalam banyak  hal,   merupakan   periode  yang  terpenting  dari  semua  periode perkembangan,  karena  memberi  dasar  untuk  perkembangan  selanjutnya. Periode prenatal ini ditandai dengan konsepsi (bertemunya ovum dengan sperma) dan diakhiri dengan kelahiran, dengan jangka waktu kurang lebih sembilan  bulan  sepuluh  hari.37  Saat  ini  banyak  bukti yang  menunjukkan bagaimana kondisi-kondisi dalam lingkungan prenatal dapat dan sungguh mempengaruhi perkembangan prenatal ketika sudah dilahirkan. Bukti ini Membenarkan  bahwa  mempelajari  awal  pembentukan  kehidupan  serta perkembangan   dan   perilaku   manusia   sebaiknya   dilakukan   dari   saat pembuahan dan bukan dimulai dari saat kelahiran. Demikian juga halnya dengan kegiatan pembinaan, pendidikan dan pengembangan harus dimulai sedini mungkin.38
Menurut  pernyataan  Cassimir  bahwa  bayi  yang  masih  dalam

kandungan  kurang  lebih  selama  sembilan  bulan  itu  telah  dapat  dididik melalui ibunya. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa perilaku-perilaku ibu   waktu   hamil   menggambarkan   anak   dalam   kandungan,   jika   ibu berperilaku mendidik dirinya dan anaknya dalam kandungan maka, anak yang  dikandungnya  sampai  lahir  ke  dunia  akan  melanjutkan  pendidikan dan perkembangannya dengan baik.39  Dalam dunia pendidikan dikatakan
bahwa,   pendidikan   dan   perkembangan   anak   itu   perlu   mendapatkan


37  Sri Rumini dan Siti Sundari, Perkembangan Anak dan Remaja (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), hal. 1.
38    Miftakhul   Choiri,   “Dakwah   Periode   Prenatal,”   Jurnal   Manajemen
Dakwah 2, no. 1 (2009): 77.
39  Mansur, Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Kado buat pengantin
Baru, Calon Ibu dan Ibu Hamil (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2009), hal. 59.



perhatian  tidak  hanya  setelah  lahir  (postnatal),  tetapi  pendidikan  dan perkembangan itu sudah dimulai sejak anak masih dalam kandungan.40

Usaha-usaha Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Masa Prenatal

Nilai-nilai  dari  al-Qur’an  hasil  penafsiran  M.  Quraish  Shihab  di atas dapat  mejadi konsep baru yang relevan bagi pengembangan  konsep pendidikan anak masa pranatal.   Menurut Kuntowijoyo, wahyu al-Qur`an dapat   menjadi   paradigma   untuk   perumusan   teori.   Paradigma   yang dimaksud   adalah   sebagaimana   dipahami   Thomas   Kuhn   bahwa   pada dasarnya realitas sosial itu dikonstruksi oleh mode of thought atau mode of inquiry tertentu yang pada gilirannya akan menghasilkan mode of knowing tertentu  pula.  Dengan  pengertian  tersebut  paradigma  al-Qur`an  berarti suatu    konstruksi    pengetahuan    yang    memungkinkan    umat    Islam memahami  realitas  sebagaimana  al-Qur`an  memahaminya.  Konstruksi pengetahuan,  dalam  hal  ini  adalah  tentang  unsur-unsur  ilmu  pendidikan anak   masa   pranatal   yang   akan   menjadi   dasar   bagi   umat   untuk merumuskan  desain  besar  mengenai  sistem  Islam  termasuk  sistem  ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan.41  Dengan demikian paradigma al- Qur`an  tidak  hanya  berhenti  pada  kerangka  aksiologis  tetapi  juga  dapat berfungsi memberi kerangka epistemologis.42
Pendidikan pada masa prenatal adalah pendidikan bagi anak yang
masih  dalam  kandungan.  Jadi,  pendidikan  sebelum  dilahirkan.43   Yang mana pada saat kandungan berusia (20 minggu), kemampuan bayi untuk

40  Wiji Hidayati dan Sri Purnami, Psikologi Perkembangan (Yogyakarta: Teras, 2008), hal. 98.
41  Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, dan Etika
(Bandung: Teraju Mizan, 2004), hal. 11-12.
42   Anwar  Mujahidin,  “Epistemologi  Islam,  Kedudukan  Wahyu  Sebagi
Sumber Ilmu,” Jurnal Ulumuna 17, no. 1 (2013): 62.
43  Basri dan Saebani, Ilmu Pendidikan Islam (Jilid 2).



merasakan stimulus telah berkembang dengan cukup baik sehingga dapat memulai    permainan-permainan    belajar.    Sebelum    dilahirkan    dalam perkembangan  janin  banyak  sel  otak  yang  mati.  Stimulasi  pra  lahir memberi   otak   kesempatan   untuk   memanfaatkan   sel-selnya   sebelum kelahiran, artinya memberi bayi kapasitas otak total yang lebih besar dan suatu langkah maju yang nyata dalam kehidupan.44  Dalam Pendidikan ini kedua  orang  tua  merupakan  sosok  manusia  yang  pertama  kali  dikenal anak, yang karenanya perilaku keduanya akan sangat mewarnai terhadap proses perkembangan anak selanjutnya, sehingga faktor keteladanan dari keduanya  menjadi  sangat  diperlukan,  karena  apa  yang  didengar,  dilihat, dan  dirasakan  anak  di  dalam  berinteraksi  dengan  kedua  orang  tua  akan sangat membekas di memori anak.45
Al-Qur’an telah menjelaskan secara jelas tentang tanggung jawab

orang tua dalam mendidik dan menjaga keluarga yaitu pasangan dan anak- anak  mereka.  Seperti  halnya,  yang  dijelaskan  oleh  M.  Quraish  Shihab bahwa  dakwah  dan  pendidikan  harus  bermula  dari  rumah.  Ini  berarti kedua   orang   tua   bertanggung   jawab   terhadap   anak-anak   dan   juga pasangan-pasangan      masing-masing      sebagaimana      masing-masing bertanggung  jawab  atas  kelakuannya.  Dan  bertanggung  jawab  menjaga mereka  dari  siksa  api  neraka.  Ayah  atau  ibu  sendiri  tidak  cukup  untuk menciptakan satu rumah tangga yang diliputi oleh nilai-nilai agama serta dinaungi oleh hubungan yang harmonis.
Pendidikan   anak   di   dalam   kandungan   memang   tidak   bisa

diberikan secara langsung. Tetapi, dapat dilakukan dengan menggunakan

44   F.  Rene  de  Carr  dan  Marc  Lehrer,  Cara  Baru  Mendidik  Anak  Sejak dalam  Kandungan,  trans.  oleh  Alwiyah  Abdurrahman  (Bandung:  Kaifa,  1999), hal. 45-46.
45       Juwariyah,    Dasar-dasar    Pendidikan    Anak    dalam    Al-Qur’an
(Yogyakarta: Teras, 2010), hal. 5.



stimulus  dan  respon  terhadap  janin  tersebut.  Pendidikan  tidak  hanya dilakukan  dari  segi  fisik  saja  akan  tetapi  juga  dapat  dilakukan  melalui psikis  anak.  Sedangkan  M.  Quraish  Shihab  menyatakan  bahwa  Allah menciptakan manusia dengan bentuk fisik dan psikis yang sebaik-baiknya, yang menyebabkan manusia dapat melaksanakan fungsinya dengan sebaik mungkin.  Hal  ini  dikemukakan  dalam  konteks  penggambaran  anugrah Allah kepada manusia, dan tentu tidak mungkin anugrah tersebut tersebut terbatas pada bentuk fisik. Apalagi, secara tegas Allah mengecam orang- orang  yang  bentuk  fisiknya  baik,  namun  jiwa  dan  akalnya  kosong  dari nilai-nilai agama, etika, dan pengetahuan. Di atas telah dijelaskan bahwa peranan  ibu  bapak  dalam  kejadian  anak-anaknya.  Dari  sini,  ditemukan sekian  banyak  petunjuk  agama  yang  berkaitan  dengan  hal  ini.  Bahkan lebih jauh dari itu, gejolak-gejolak kejiwaan yang dialami oleh bapak atau ibu  pada  saat  berhubungan  seksual  dapat  mempengaruhi  jiwa  janin. Karena  itu  pula,  agama  menganjurkan  agar  ibu  dan  bapak  menciptakan suasana  tenang,  bahagia,  serta  diliputi  oleh  jiwa  keagamaan  pada  saat berhubungan, antara lain dengan menganjurkan untuk membaca doa-doa tertentu.  Adapun  metode  dan  materi  yang  digunakan  kedua  orang  tua dalam  mendidik  anak  dalam  kandungan   dapat  berupa  latihan-latihan ataupun kegiatan keagamaan.
M.   Quraish   Shihab   juga   menjelaskan   bahwa  agar   anak-anak mereka  semua  menjadi  penyejuk-penyejuk  mata  bagi  orang  tuanya  dan orang lain melalui budi pekerti dan karya-karya mereka yang terpuji, dan menjadi teladan yang baik. Dan sifat hamba-hamba Allah yang terpuji ini tidak hanya terbatas pada upaya menghiasi diri dengan amal-amal terpuji, tetapi  juga  memberi  perhatian  kepada  keluarga,  anak  keturunan,  bahkan masyarakat  umum.  Doa  mereka  itu,  tentu  saja  dibarengi  dengan  usaha



mendidik anak dan keluarga agar mereka menjadi manusia-manusia yang terhormat, karena anak dan pasangan tidak dapat menjadi penyejuk mata tanpa keberagamaan yang baik, budi pekerti yang luhur serta pengetahuan yang memadai dan banyak.
Komunikasi  dalam  keluarga  dapat  berlangsung  secara  timbal balik dan silih berganti. Awal terjadinya komunikasi karena sesuatu pesan yang ingin disampaikan. Komunikasi berpola stimulus respon yaitu model komunikasi  yang  masih  terlihat  dalam  kehidupan  keluarga.  Komunikasi seperti  ini  sering  terjadi  pada  saat  orang  tua  mendidik  bayi.  Orang  tua lebih  aktif  dan  kreatif  memberikan  stimulus  (rangsangan),  sementara  itu bayi berusaha memberikan respon (tanggapan). Dengan pola komunikasi yang   baik   diharapkan   akan   tercipta   pola   asuh   yang   baik.   Kegiatan pengasuhan  anak  akan  berhasil  dengan  baik  jika  pola  komunikasi  yang tercipta  dilambari  dengan  cinta  dan kasih  sayang, dengan  memposisikan anak  sebagai  subjek  yang  harus  dibina,  dibimbing,   dididik,  dan  bukan sebagai  objek  semata.  Dari  penjelasan  tersebut  jelaslah  bahwa  keluarga adalah  sebuah  institusi  pendidikan  yang  utama  dan  bersifat   kodrati. Pendidikan  dasar  yang  baik  harus  diberikan  kepada  anggota  keluarga sedini  mungkin  dalam  upaya  memerankan  pendidikan,  yaitu  menumbuh kembangkan potensi laten anak.46
Tujuan   pendidikan   pralahir   adalah   membantu   orang   tua   dan

anggota  keluarga  memberikan  lingkungan  lebih  baik  untuk  calon  bayi, memberikan peluang untuk belajar dini dan anak yang dapat berlangsung selama-lamanya.    Penelitian    dalam    bidang    perkembangan    pralahir
menunjukkan  bahwa  selama  berada  dalam  rahim,  bayi  dapat  belajar,



46  Syaiful Bahri Djamarah, Pola Komunikasi Orang tua dan Anak dalam
Keluarga (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004), hal. 1-3.



merasa,  dan  mengetahui  perbedaan  antara  gelap  dan  terang  pada  saat kandungan  berusia  lima  bulan  (20  minggu),  kemampuan  bayi  untuk merasakan stimulus telah berkembang dengan cukup baik sehingga dapat mulai permainan-permainan belajar.47
Berdasarkan   pernyataan   di   atas   dapat   disimpulkan   bahwa

pendidikan  prenatal  adalah  usaha  sadar  orang  tua  (suami-istri)  untuk mendidik   anaknya   yang   masih   dalam   kandungan   istri.   Usaha   sadar tersebut  khusus  ditujukan  kepada  kedua  orang  tua  karena  anak  dalam kandungan  memang  belum  mungkin  didik,  apalagi  diajar,  kecuali  oleh orang   tuanya   sendiri.       Bentuk   pendidikan   anak   prenatal   dengan memberikan rangsangan pada anak dalam kandungan yang disusun secara sistematis  edukatif  Islam  yang  dilakukan  oleh  orang  tuanya,  terutama oleh ibunya melalui berbagai metode pendidikan Islam.48
Secara psikologis, getaran perasaan kasih sayang yang tertumpah

dari  sanubari  seorang  ibu  sangat  berpengaruh  terhadap  janin.  Dan  saat itulah  proses  pendidikan  terhadap  janin  yang  ada  di  dalam  kandungan mulai  berperan.  Didikan  ibu  akan  banyak  memberikan  dampak,  dalam rangka mengukir karakteristik anak yang sangat dinantikan kehadirannya. Pendidikan  ini  berlangsung  dalam  diri  seorang  ibu,  baik  anak  itu  lelaki maupun perempuan. Pemeliharaan dan perhatian pada masa kehamilan ini adalah   bagian   terpenting   dari   tanggung   jawab   secara   menyeluruh. Sedangkan tujuan utamanya adalah membangun kesehatan fisik dan jiwa
bayi dalam kesatuan kesempurnaan.49



47  Hidayati dan Purnami, Psikologi Perkembangan.
48   Rasyim  dan  Sya’diyah,  “Pendidikan  Anak  Pranatal  Menurut  Ajaran
Islam.”
49  Aba Firdaus Al-Halwani, Melahirkan Anak Saleh Kajian Psikologi dan
Agama (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2003).



Simpulan

Berdasarkan  kajian  dan  pembahasan  tentang  konsep  pendidikan prenatal  dalam  Tafsir  Al-Mishbāh    karya  Muhammad  Quraish  Shihab dapat disimpulkan bahwa: (1) Hakikat fase Prenatal menurut M. Quraish shihab dibagi menjadi empat, yaitu: tahap nuthfah, alaqah, mudghah dan ansya’a   khalqan   ākhar.   Pada   tahap   ansya’a   khalqan   ākhar,   Allah menjadikan   janin   tersebut   sebagai   makhluk   lain   dalam   arti   berbeda dengan makhluk hidup yang lainnya. Adapun makna dari tahapan-tahapan di  atas  adalah  Allah  menciptakan  manusia  berawal  dari  diciptakannya Adam   as,   kemudian   dikembangbiakkan   menjadi   keturunan   manusia. Manusia  terdiri  dari  dua  unsur  yaitu  fisik  dan  non  fisik.  Yang  mana fisiknya berupa jasmani atau anggota tubuh dan non fisiknya berupa akal, hati,    jiwa.    Kemudian    setelah    penciptaan    manusia    tersebut    Allah meniupkan ruh kepada janin dan menjadikannya hidup. Pada peniupan ruh tersebut  manusia  sudah  mempunyai  fitrah  serta  potensi  berpengetahuan. Fitrah yang dimaksud adalah keyakinan tentang keesaan Allah, yang telah ditanamkan Allah dalam diri setiap insan; (2) Nilai-nilai dari al-Mishbāh karya M. Quraish Shihab di atas relevan dengan konsep pendidikan anak masa  prenatal.  Secara  psikologis,  getaran  perasaan  kasih  sayang  yang tertumpah  dari  sanubari  seorang  ibu  sangat  berpengaruh  terhadap  janin. Dan  saat  itulah  proses  pendidikan  terhadap  janin  yang  ada  di  dalam kandungan  mulai  berperan.  Orang  tua  mempunyai  peranan  yang  cukup berarti dalam pendidikan anak-anaknya, termasuk dalam penyempurnaan keadaan  fisik  dan  psikisnya.  Peranan  kedua  orang  tua  dalam  mendidik anak   di   dalam   kandungan   di   antaranya   yaitu   menjalankan   Ibadah, membaca, menghafal, berdzikir, dialog, mengikuti majlis ta’lim, bermain, musik,  dan  bernyanyi,  praktek  ibadah,  bahasa,  al-Qur’an  dan  al-Hadits, akhlak mulia, etika, berbicara dengan bayi, bersikap konsisten.



DAFTAR RUJUKAN


Al-Halwani,  Aba  Firdaus.  Melahirkan  Anak  Saleh  Kajian  Psikologi  dan
Agama. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2003.
Basri, Hasan, dan Beni Ahmad Saebani. Ilmu Pendidikan Islam (Jilid 2).
Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Carr,  F.  Rene  de,  dan  Marc  Lehrer.  Cara  Baru  Mendidik  Anak  Sejak dalam   Kandungan.   Diterjemahkan   oleh   Alwiyah   Abdurrahman. Bandung: Kaifa, 1999.
Choiri,   Miftakhul.   “Dakwah   Periode   Prenatal.”   Jurnal   Manajemen
Dakwah 2, no. 1 (2009): 77.
Djamarah,  Syaiful  Bahri.  Pola  Komunikasi  Orang  tua  dan  Anak  dalam
Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Ghofur,  Saiful  Amin.  Mozaik  Mufasir  al-Qur’an  dari  Klasik  hingga
Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.
Hamzah,   Rifkiawan.   “Pendidikan   Prenatal   menurut   Ibn   Qayyim   al- Jawziyah  dan  Implikasinya  terhadap  Perkembangan  Potensi  Anak, (Studi  Kitab  Tuhfatul  Maudūd  bi  ahkāmil  Maulūd).”  UIN  Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Hasbullah.  Dasar-Dasar  Ilmu  Pendidikan.  Jakarta:  PT  Raja  Grafindo
Persada, 2009.

Hidayati,  Wiji,  dan  Sri  Purnami.  Psikologi  Perkembangan.  Yogyakarta: Teras, 2008.
Iqbal,  Muhammad.  “Metode  Penafsiran  Al-Qur’an  M.  Quraish  Shihab.”
Tsaqafah 6, no. 2 (2010).
Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003. Juwariyah. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta:
Teras, 2010.
Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, dan Etika.
Bandung: Teraju Mizan, 2004.
Mansur.  Mendidik  Anak  Sejak  dalam  Kandungan,  Kado  buat  pengantin
Baru, Calon Ibu dan Ibu Hamil. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2009.
Mujahidin, Anwar. Antropologi Tafsir Indonesia; Analisis Kisah Ibrahim, Musa,  dan  Maryam  dalam  Tafsir  Karya  Mahmud  Yunus,  Hamka, dan M. Quraish Shihab. Ponorogo: STAIN Po Press, 2016.



———. “Epistemologi Islam, Kedudukan Wahyu Sebagi Sumber Ilmu.”
Jurnal Ulumuna 17, no. 1 (2013).
———.  “Paradigma  Baru  Mengenai  Harta  Studi  Terhadap  Tafsir  Al- Mishbāh  Karya  M.Quraish  Shihab.”  Dialog:  Jurnal  Penelitian  dan Kajian Keagamaan 70 (2010).
Mustafa,   dan   M.Quraish   Shihab.   Membumikan   Kalam   di   Indonesia.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Mustafa,  dan  M.Quraisy  Shihab.  Tafsir  Al-Mishbāh  (Pesan,  Kesan  dan
Keserasian Al-Qur’an). Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Mustaqim,  Abdul.  Menjadi  Orangtua  Bijak:  Solusi  Kreatif  Menangani
Berbagai Masalah pada Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2005.
Nawawi,  Hadari.  Metode  Penelitian  Bidang  Sosial.  Diterjemahkan  oleh
Alwiyah Abdurrahman. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,
1993.
Rasyim,   Armin   Ibnu,   dan   Halimatus   Sya’diyah.   “Pendidikan   Anak
Pranatal Menurut Ajaran Islam.” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah 1, no.
1 (2013): 54.
Rumini, Sri, dan Siti Sundari. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Shihab,  M.Quraisy.  “Tafsir  Al-Misbah  Vol.  12.”  In  Tafsir  Al-Misbah.
Jakarta: Lentera Hati, 2004.
———. “Tafsir Al-Misbah Vol. 2.” In Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera
Hati, 2004.
———. “Tafsir Al-Misbah Vol. 9.” In Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera
Hati, 2004.
Sudarto.  Metode  Penelitian  Filsafat.  Jakarta: PT  Raja Grafindo  Persada,
1997.
Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Uhbiyati,   Nur.   Long   Life   Education   Pendidikan   Anak   Sejak   Dalam
Kandungan Sampai Lansia. Semarang: Walisongo Press, 2009.
Zaim, Muhammad. “Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ,  EQ  dan  SQ  (Studi  Kitab  Tuhfat  Al-Mawdud  Bi  Ahkam  Al- Mawlud Karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah).” Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2016): 81.


[1] Muhammad Zaim, “Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan
IQ,  EQ  dan  SQ  (Studi  Kitab  Tuhfat  Al-Mawdud  Bi  Ahkam  Al-Mawlud  Karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah),” Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2016): 81.
[2] 3  Muhammad Zaim, “Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan
IQ,  EQ  dan  SQ  (Studi  Kitab  Tuhfat  Al-Mawdud  Bi  Ahkam  Al-Mawlud  Karya Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah),” Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (2016): 81.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar