Kamis, 31 Januari 2013

CONTOH LAPORAN PERAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 1 ATAU MICRO TEACHING



Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dan sangat mendasar bagi kehidupan manusia, karena hanya dengan pendidikanlah manusia dapat menghadapi tantangan dalam kehidupannya.
Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan tidak hanya diperlukan dan bermanfaat bagi orang perorang secara individu. Tetapi ia memiliki implikasi terhadap masyarakat, bangsa dan Negara.
Salah satu komponen dari pendidikan adalah tenaga pengajar. Oleh karena itu pengadaan tenaga pendidikan yang berkompeten merupakan hal yang penting.
Kemampuan guru sebagai tenaga kependidikan akan berimplikasi kepada hasil yang dicapai dari suatu proses pendidikan. Karena pada dasarnya guru sebagai tenaga kependidikan merupakan tenaga lapangan yang langsung melaksanakan kependidikan.
Karena itu ilmu pendidikan sangat penting dan merupakan ilmu yang dapat mempersiapkan tenaga kependidikan yang profesional, sebab kemampuan profesional dalam pelaksanaan proses belajar mengajar merupakan syarat utama tercapainya tujuan pendidikanIlmu merupakan salah satu bidang pengajaran yang harus ditempuh dalam rangka mempersiapkan tenaga guru dan tenaga ahli kependidikan lainnya yang profesional.
Seorang guru memerlukan pengetahuan tentang ilmu pendidikan. Dalam hal ini Fakultas Tarbiyah merupakan salah satu fakultas yang akan mencetak calon-calon pendidik dan pengajar yang profesional. Upaya yang dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL I (Praktek Pengalaman Lapangan I) yang juga merupakan bagian integral dalam kurikulum. Selain itu PPL I juga diharapkan memberikan bimbingan merupakan langkah awal mengajar yang sebenarnya di masyarakat nantinya.
Praktikan pengalaman lapangan (PPL) 1 merupakan program yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN AntasariBanjarmasin yang berbasis keguruan. Kegiatan PPL 1 terfokus pada praktik mengajar, hal ini ditempuh dengan tujuan agar mahasiswa Tarbiyah nantinya siap untuk langsung kelapangan.
           
B.     Tujuan dan Manfaat
Adapun yang menjadi tujuan praktek pengalaman lapangan (PPL I) ini secara garis besar antara lain agar mahasiswa:
1.      Mendapatkan bekal berupa pengetahuan dasar dan pengalaman yang berharga untuk dijadikan langkah awal ketermpilan dasar dalam mengajar
2.      Mendapatkan keterampilan dasar dan kemudian mengembangkan keterampilan tersebut dalam proses belajar mengajar
3.      Terlatih dan mampu mengembangkan keterampilan yang berhubungan dengan bimbingan dan penyuluhan sebagai bekal praktekan
4.      Mendapatkan bekal praktekan dalam melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) II
5.       Siap, terlatih, handal dan profesional sesuai dengan bidangnya sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
6.      Mampu mengajar dengan berbagai variasi
7.      Terampil dalam memberikan motivasi terhadap siswa
Manfaat praktek pengalaman lapangan (PPL) I adalah praktekan memiliki seperangkat pengetahuan, pengalaman dan keterampilan sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta mampu dan tepat menerapkannya di dalam maupun di luar sekolah.
No
Pertemuan Ke-
Kegiatan/bahan yang disampaikan
1
I
Pembekalan
-          Teknik dan tata tertib PPL 1
-          Keterampilan dasar mengajar
-          Bimbingan pembuatan RPP PPL dan sistem penilaian
2
II
Pembekalan PPL 1 dari supervisor (lokal)
3
III
Praktik Mengajar ke-I di Ruangan LKK
4
IV
Praktik Mengajar ke-II di Ruangan LKK
5
V
Praktik Mengajar ke-III di Ruangan Micro Teaching
6
VI
Praktik Mengajar ke-IV di Lokal 2
7
VII
Praktik Mengajar ke-V di Lokal 2
8
VIII
Praktik Mengajar Ke-Vi di Ruangan Micro Teaching


Adapun sistematika laporan ini adalah:
BAB I         :Pendahuluan yang berisi latar belakang penntingnya pelaksanaan PPL 1, tujuan dan manfaat pelaksanaan PPL 1, serta rencana kegiatan dan sistematika laporan.
BAB II        : kegiatan pembekalan yang berisi jadwal kegiatan (hari, tanggal, tahun, dan waktu), dan materi pembekalan (waktu penyampaian, judul, pokok bahan dan isi materi pembekalan).
BAB III      :Kegiatan praktik mengajar yang berisi pelaksanaan latihan mengajar (meliputi :waktu, satuan, pendidikan ,kelas,materi,komentar supervisior dan mahasiswa sebanyak empat kali latihan), dan pelaksanaan ujian mengajar sebanyak dua kali (meliputi:waktu, satuan pendidikan, kelas, materi, dan lain lain)
BAB IV  :Masalah peran supervisoryang berisi masalah-masalah yang dihadapi , peran supervisor dalam kegiatan PPL 1, dan komentarterhadap PPL 1
BAB V     :Penutup yang berisi kesimpulan dan saran-saran.
                    Lampiran-lampiran :
                    Yang berisi sistem Penilaian , dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP).
 

BAB II

A.    Pengantar
Sebelum melaksanakan latihan mengajar mikro teaching di kelas para mahasiswa yang akan menjalani PPL 1 diberi  pembekalan-pembekalan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di auditorium bersama seluruh peserta PPL 1 oleh pemateri dan dilokal masing-masing oleh supervisor.

B.     Jadwal Kegiatan Pembekalan
Jadwal kegiatan pembekalan di auditorium dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2010. Adapun rincian kegiatannya sebagai berikut:
1.      Pembukaan
Waktu  : 08.00-10.00
Tempat : Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin
Oleh     : Dekan Fakultas Tarbiyah (Drs. Syarifuddin Sabda, M.Ag)
2.      Materi Pembekalan
a.       Keterampilan Dasar Mengajar
b.      Petunjuk dan Teknik PPL I
c.       Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Dan kemudian pembekalan dilanjutkan oleh supervisor pada hari sabtu tanggal 13 Maret 2010 di lokal LKK pada pukul 08.30 sampai 12.30. 


C.    Nara Sumber
Nara sumber yang menyampaikan materi-materi pada pembekalan PPL I di auditorium adalah mereka yang mempunyai keahlian di bidangnya, antara lain sebagai berikut:
1.        Materi Keterampilan Dasar Mengajar oleh Dra. Hj. Rusdiana Hamid, M.Ag
2.        Petunjuk dan Teknis PPL I oleh Dra. Suraijiah, M.Pd
3.        Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Drs. H. Aswan, M.Pd.
Dan kemudian pada hari sabtu 13 maret 2010 oleh suvervisor yaitu Bapak Drs. Samdani, M.Fil.I memberikan materi pembekalan lebih mendalam dan mengatur jadwal pertemuan selanjutnya.

D.      Tugas Pokok
1.      Supervisor
a.       Memberikan materi-materi sebagai bekal mahasiswa dalam berpraktik meliputi tta tertib, micro teaching, kterampilan dasar mengajar, dan perencanaan pembelajaran.
b.      Melaksanakan kegiatan latihan/administrasi/bimbingan konseling di  kelas, midle dan final test di ruang micro teaching.
c.       Memberikan penilaian secara langsung terhadap ketiga kegitan tersebut (poin b).
d.      Memberikan umpan balik atau komentar kepada mahasiswa atau praktikan setiap kali latihan.
e.       Menyerahkan nilai ke TIM pengelola PPL 1, paling lambat 3 hari setelah ujian praktik mengajar belangsung.
a.       Mengikuti seluruh kegiatan PPL 1 baik kegiatan pembelkalan teoritis maupun praktik mengajar.
b.      Frekuensi latihan praktik mengajar mahasiswa sebanyak 4 kali ditambah 2 kali ujian praktik mengajar (terhitung 14 kali pertemuan) dengan ketentuan sebagai berikut:
1)      Setiap kali pertemuan (tiapminggu) terhitung dua kali petemuan
2)      Sebelum berpraktik, mahasiswa atau praktikan harus membuat perencanaan pembelajaran dan harus dikonsultasikan serta disetujui (ditandatangani) oleh supervisor
3)      Mata pelajaran yang dipraktikan harus sesuai dengan jurusan masing-masing, dengan sub pokok bahasan yang berbeda untuk setiap kali praktik mengajar, yang terdiri dari 6 kali praktik diambil dari mata pelajaran MTs dan MA (termasuk ujian praktik)
4)      Setiap mahasiswa atau praktikan tampil latihan mengajar selama 20 menit untuk setiap kalilatihan, termasuk ujian praktik
5)      Praktik mengajar ke 1 sampai 4 dilokal sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
6)      Praktik mengajar ke 5 adalah midle test yang dilaksanakan diruang micro teaching
7)      Praktik mengajar ke 6 adalah final test yang dilaksanakan d micro teaching.
c.       Setiap praktikan harus mengikuti tata tertib yang berlaku, diantaranya:
1)      Setiap mahasiswa(i) harus berpenampilan yang layak sebagai seorang guru.
2)      Mahasiswa(i) harus berpakaian rapi dan sopan dengan kemeja atau atasan yang berwana putih dan celana atau bawahan yang panjang berwaran gelap.
3)      Mahasiswa(i) tidak diperkenankan berkuku panjang dan khusus bagi mahasiswa laki-laki tidak boleh berambut panjang.
4)      Mahasiswa(i) harus memakai sepatu dan kaos kaki serta tidak diperkenankan memakai sendal atau sepatu sendal.
5)      Mahsiswa(i) harus hadir dalam ruangan  lima menit sebelum acara dimulai.
6)      Mahasiswa(i) yang meninggalkan ruangan harus seizin supervisor.
7)      Mahasiswa(i) tidak boleh berpakaian yang ketat dan transparan.
8)      Hal-hal yang belum disebutkan dan menurut supervisor urgent, maka dapat ditambah dalam pembekalan.

1.      Pada Tanggal 11 Maret 2010
Waktu Penyampaian  : Pukul 09.15-10.55
Judul                          : Keterampilan Dasar Mengajar
Pokok Bahasan          : Beberapa Keterampilan Dasar Mengajar
Isi Materi                   : Beberapa Keterampilan Dasar Mengajar:
1.      Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.      Keterampilan bertanya dasar dan lanjut
3.      Keterampilan memberi penguatan
4.      Keterampilan mengadakan variasi
5.      Keterampilan menjelaskan
6.      Keterampilan membimbing diskusi
7.      Keterampilan mengelola kelas
8.      Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
2.      Pada tanggal 11 Maret 2010
Waktu Penyampaian  : Pukul 11.00-12.30
Judul                          : Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pokok Bahasan          : Teknik penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Isi Materi                   : a.   Hakikat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
                                     b.   Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

3.      Pada tanggal 11 Maret 2010
Waktu Penyampaian  : 12.50-13.25
Judul                          : Petunjuk dan Teknis PPL I
Pokok Bahasan          : Petunjuk teknis dan tata tertib pelaksanaan PPL I
Isi Materi                   : - Jadwal kegiatan
-   Tugas pokok:
a.       Supervisor
b.      Praktekan
-   Tata tertib bagi peserta PPL I
-   Pembuatan laporan
4.      Pada tanggal 13 Maret 2010
Waktu Penyampaian  : 08.30-12.30
Judul                          : Keterampilan Dasar Mengajar
Pokok Bahasan          : Beberapa Keterampilan Dasar Mengajar
Isi Materi                   : - delapan keterampilan dasar mengajar
-   Jadwal pertemuan selanjutnya.



BAB III

·         HANDAYANI
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar Supervisor
I
Kurban
MTs
IX
17 Maret 2010
Cukup bagus
II
 Akhlak kepada Allah
MTs
VII
20 Maret 2010
Suara lantang
III
Akhlak Tercela
MA
XI
27 Maret 2010
Tata bahasa sudah bagus
IV
Talaq
MA
XI
7 Maret 2010
Bagus

·         MERIANI
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Akhlak tercela kepada Allah
MTs
VIII
17 Maret 2010
Terlalu galak
II
Macam-Macam Hadist
MTs
IX
20 Maret 2010
Intonasi suara datar
III
Putus asa
MA
XI
27 Maret 2010
Kecepatan menjelaskan
IV
Khalifah
MA
XII
7 April 2010
Intonasi datar


·         MUSTIKA NOOR SWANDARI
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Tayamum
MTs
VII
17 Maret 2010
Tulisan di caption lebih diperbesar
II
Meyakini Adanya Malaikat
MTs
VIII
20 Maret 2010
Kurang menguasai kelas
III
Thaharah
MA
X
27 Maret 2010
Cukup bagus
IV
Istinja
MA
XII
7 April 2010
Suara lantang

·         M. NOOR
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Syukur
MTs
VIII
17 Maret 2010
Ekspresi wajah
II
Pengertian dan Fungsi Aluran Hadis
MTs
VIII
20 Maret 2010
Bagus
III
Pernikahan
MA
XI
27 Maret 2010
Bagus
IV
Pokok-Pokok Isi Al-Quran
MA
X
7 April 2010
Bagus

·         MUHAMMAD ZA’IM
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Berdirinya Daulah Bani Abbasiyah
MTs
VIII
17 Maret 2010
Penguasaan kelas kurang optimal
II
Zakat Mal (Harta)
MTs
VIII
20 Maret 2010
Suara kurang lantang
III
Kemurnian Dan Kesempurnaan Al-Quran
MA
XI
27 Maret 2010
Baik
IV
Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang
MA
XII
7 April 2010
Penampilan masih agak kaku

·         SITI QAMARIAH
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Persatuan dan persaudaraan
MTs
VIII
17 maret 2010
Salam jangan lupa
II
Puasa
MTs
VII
20 maret 2010
Bagus
III
Berlaku Adil
MA
XII
27 maret 2010
Materi nya harus lebih ditekankan
IV
Kewajiban Berdakwah
MA
XII
7 april 2010
Bagus
·         SRI SYAUQAH NOR LAILATI
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
WUDHU
MTs
VII
17 Maret 2010
Jangan terlalu memakai bahasa daerah
II
Qalqalah
MTs
VII
20 Maret 2010
Tata bahasa sudah bagus
III
IDDAH
MA
XI
27 Maret 2010
Bagus
IV
Menjauhi Narkoba
MA
XI
7 April 2010
Bagus

·         UMRAH MAHFUZAH
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Tata Cara Mandi
MTs
VII
17 Maret 2010
Tidak memakai caption
II
Biografi dan Khalifah Dinasti Abbasyiah
MTs
VIII
20 Maret 2010
Kelebihan waktu
III
Perceraian dan Rujuk serta Hikmahnya
MA
X
27 Maret 2010
Tidak menggunakan waktu dengan bagus
IV
Menghindari Prilaku Tercela
MA
X
7 April 2010
Terlalu sering senyum
·         WAHYU AHYA
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Nun Syiddah dan Mim Syiddah
MTs
VII
17 Maret 2010
Hendaknya fokus kepada siswa yang belum bisa
II
Salat Berjamaah
MTs
VII
20 Maret 2010
Bagus

III
 Surah al-Mukminun Ayat 12-14
MA
X
27 Maret 2010
Bagus
IV
Diskriminasi
MA
X
7 April 2010
Bagus

·         ZUL AKBAR
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
Komentar
Supervisor
I
Perkembangan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin
MTs
VIII
17 Maret 2010
Bagus
II
Akhlak Terpuji kepada Allah swt
MTs

VII
20 Maret 2010
Penguasaaan kelas sudah baik
III
Wasiat
MA
XI
27 Maret 2010
Terlalu hening
IV
Khilafah
MA
XII
7 April 2010
Materinya banyak
B.  Pelaksanaan Ujian Praktik di Micro Teaching
  • HANDAYANI
Ujian Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Haji
MTs
VII
5 April 2010
II
Islam di Indonesia
MA
XII
10 April 2010

  • MERIANI
Ujian Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
DOA
MTs
VII
5 April 2010
II
Hakikat iman kepada hari akhir
MA
XI
10 April 2010

  • MUSTIKA NOOR SWANDARI
Ujian Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Makanan dan minuman yang halal dan haram
MTs
VII
5 April 2010
II
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
MA
XI
10 April 2010



  • M. NOOR
Ujian Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Pasif
MTs
VIII
5 April 2010
II
Peran Walisongo
MA
XII
10 April 2010

  • MUHAMMAD ZA’IM
Ujian  Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Rasul-rasul Ulul Azmi
MTs
VIII
5 April 2010
II
Sebab-sebab dan halangan mewarisi
MA
XII
10 April 2010

  • SITI QAMARIAH
Ujian Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Puasa Ramadan
MTs
VIII
5 April 2010
II
Hukum Syar’i
MA
XII
10 April 2010

  • SRI SYAUQAH NOR LAILATI
Ujian Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
HIBAH
MTs
VIII
5 April 2010
II
FASKH
MA
XI
10 April 2010
  • UMRAH MAHFUZAH
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Kaidah Ilmu Tajwid
MTs
VII
5 April 2010
II
Salat
MA
XI
10 April 2010

  • WAHYU AHYA
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Sifat- Sifat Terpuji Nabi Muhammad Saw
MTs
VII
5 April 2010
II
Perang Khandak
Ma
XIII
10 April 2010

  • ZUL AKBAR
Latihan Praktek Mengajar
Materi
Satuan Pendidikan
Kelas
Waktu
I
Taat
MTs
VIII
5 April 2010
II
Iffah
MA
XI
10    pril 2010






Dalam kegiatan praktik ini, kami secara keseluruhan mendapatkan masukan dan kritik membangun yang bermanfaat dari supervisor dan kawan-kawan sebagai kritik membangun diantaranya:
1.      Guru hendaknya mengajar dengan ikhlas dan bersemangat.
2.      Menguasai kedelapan keterampilan dasar mengajar, agar menjadi efektif dan efesien.
3.      Saat memberikan pertanyaan kepada anak didik, tidak menunjuk langsung kepada anak yang ditanya, tetapi memberi tawaran pertanyaan kepada seluruh anak didik untuk menjawab.
4.      Perhatikan dengan seksama jawaban/respon dari anak didik, agar tidak salah dalam memberi tanggapan balik.
5.      Gunakan ekspresi/mimik dan intonasi suara dalam mengajar, agar anak didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
6.      Menggunakan media misalnya dengan caption atau LCD yang jelas agar anak didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
7.      Dalam menyampaikan materi pelajaran, sebaiknya jangan terlalu cepat/tergesa-gesa agar anak didik memahami materi yang kita ajarkan.
8.      Sebagai motivasi, anak didik perlu diberikan hadiah (reward) bagi anak didik yang mampu menjawab pertanyaan.




BAB IV
A.    Masalah
Dalam melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan 1 (PPL), pada saat kegiatan pembekalan, praktik mengajar sampai ujian mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun praktikan dihadapkan dengan beberapa masalah diantaranya sebagai berikut:
1.      Waktu praktik yang sangat singkat 1 X 15  menit saja, sehingga prakikan sulit dalam mengembangkan materi pembelajaran.
2.      Pembekalan tentang ketrampilan dasar mengajar, dirasa masih kurang dimana hanya dilaksanakan dalam satu hari saja.
3.      Kurangnya media yang tersedia, sehingga praktikan mengajar dengan media seadanya saja.
4.      Karena kegiatan ini masih dalam tahap pelatihan awal, sehingga kadang-kadang masih terjadi aktivitas di luar rencana praktikan, misal teman sekelompok ada yang bercanda dan tidak serius memperhatikan.
5.      Waktu pelaksanaan praktik terbentur dengan perkuliahan sehingga praktikan kurang fokus, dan kurang enak dengan dosen pengasuh mata kuliah.

B.     Peran Supervesor 
Pada pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I, Bapak Drs. H. Samdani. M.fil.I selaku seorang supervisor memili peran yang sangat penting, karena dalam hal ini supervisor selalu memberikan arahan dan bimbingan secara terus menerus dalam melaksanakan latihan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL 1)
Selama kegiatan PPL 1 dilaksanakan, peran supervisor sudah sangat baik pada setiap pertemuan. Suverpisor selalu membantu praktikan, dengan memberi saran, kritik, dan masukan yang sangat membangun.
Dengan adanya supervisor maka praktikan mendapat pengetahuan dan pelajaran berharga mengenai tata cara mengajar yang baik dan benar

Pelaksanaan PPL I ini sudah cukup baik, dan nantinya diharapkan terus ditingkatkan, oleh karena itu maka persiapan-persiapan program harus benar-benar matang sehingga praktikan dengan mudah menerapkan ilmunya di lapangan. Dari sinilah awal dari sebuah pengalaman bagaimana menjadi seorang guru yang bertanggung jawab dengan tugasnya.
Sebelum kami berkomentar lebih jauh, terlebih dulu kami mengucapkan terima kasih kepada Tim pengelola PPL 1 dan Bapak supervisor Drs. H. Samdani. M.fil.I, karena telah memberikan bantuannya sehingga PPL 1  kami telah selesai. Kemudian komentar kami terhadap PPL 1 adalah sebagai berikut:
1.      Kegiatan PPL 1 ini sangat banyak memberikan manfaat bagi kami, dalam hal ilmu-ilmu belajar sebagai bekal kami menjadi guru nanti.
2.      Kemudian, berkenaan dengan pelaksanaan PPL 1 ini, kami menyarankan hendaknya pelaksanaan PPL jangan terbentur dengan waktu kuliah.
3.      Menurut kami waktu yang diberikan untuk praktik mengajar sangat sedikit, sehingga sangat sulit bagi saya untuk mengembangkan materi dan mencapai tujuan yang ingin diraih.
4.      Jumlah praktik yang dilakukan yaitu 6 kali menurut hemat kami masih kurang, baik kalau dilakukan 10 kali sehingga bisa lebih trampil melaksanakan aktivitas mengajar.
            Pelaksanaan PPL I ini sudah cukup baik, dan nantinya diharapkan terus ditingkatkan, oleh karena itu maka persiapan-persiapan program harus benar-benar matang sehingga praktekan dengan mudah menerapkan ilmunya di lapangan.
      Dari sinilah awal dari sebuah pengalaman bagaimana menjadi seorang guru yang bertanggung jawab dengan tugasnya. Dalam kegiatan yang telah terlaksana terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan oleh supervisor diantaranya:
1.      Kelemahan-kelemahan
a.       Keterbatasan waktu meyebabkan penyampaian materi tidak tersampaikan secara maksimal.
b.      Ada beberapa mahasiswa praktikan yang masih gugup atau kurang percaya diri dalam hal menyampaikan materi,mungkin ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya diantaranya:
1)      Pengaruh psikologi seseorang tersebut
2)      Kurang menguasai bahan yang akan disampaikan
3)      Belum matangnya persiapan untuk materi
c.       Kurang kuat  memberikan motivasi  atau sumbangsih  berupa nasehat kepada peserta didik
d.      Sebagian mahasiswa praktikan masih ada pengaturan vokal/intonasi dalam menyampaikan materi yang belum tepat
2.      Solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada
a.       Programkan materi yang ingin disampaikan dengan dengan sebaik     mungkin
b.      Sering-sering berlatih berbicara dengan baik dan sistematis
c.       Berikan motivasi yang menggugah semangat peserta didik untuk lebih semangat belajar
d.      Latihan vokal serta intonasi secara teratur,akan memperindah ketika menyampaikan materi 












BAB V

A.    Kesimpulan
Dari beberapa uraian di atas maka praktekan dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Dengan adanya pelaksanaan PPL I ini terutama Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin memiliki seperangkat pengetahuan, pengalaman, keterampilan, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya
2.        Seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teoritis dalam mengajar tetapim juga harus memiliki kemampuan praktis sehingga praktekan dapatmenerapkannya dilapangan atau lingkungan sekolah
3.        Dengan adanya praktek mengajar ini praktekan dapat merasakan suka dan dukanya menjadi seorang guru
4.        Kesulitan-kesulitan yang dialami praktekan selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) I berlangsung Alhamdulillah dapat diatasi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

B.     Saran-saran
1.      Pelaksanaan pembekalan PPL I dan kegiatan di micro teaching hendaknya tidak berbenturan dengan jadwal kuliah
2.      Hendaknya waktu yang disediakan untuk praktek mengajar ditambah karena praktekan tidak bias mengembangkan kemampuan.

1 komentar:

  1. http://kitaabati.blogspot.com/2012/05/pengertian-rasul-ulul-azmi-dan-para.html
    http://miazart.blogspot.com/2011/02/perencanaan-sistem-pembelajaran-pai.html
    http://miazart.blogspot.com/2011/02/aliran-syiah-khawarij-murjiah-qadariyah.html
    http://kitaabati.blogspot.com/2012/04/rpp-mata-pelajaran-aqidah-akhlak.html
    http://miazart.blogspot.com/2011/02/dasar-tujuan-ruang-lingkup-dan-fungsi.html
    http://kitaabati.blogspot.com/2012/08/fungsi-fungsi-kurikulum-pai.html
    http://miazart.blogspot.com/2011/01/contoh-takhrij-hadist.html

    BalasHapus