Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dan sangat mendasar bagi kehidupan manusia, karena hanya dengan pendidikanlah manusia dapat menghadapi tantangan dalam kehidupannya.
Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan tidak hanya diperlukan dan bermanfaat bagi orang perorang secara individu. Tetapi ia memiliki implikasi terhadap masyarakat, bangsa dan Negara.
Salah satu komponen dari pendidikan adalah tenaga pengajar. Oleh karena itu pengadaan tenaga pendidikan yang berkompeten merupakan hal yang penting.
Kemampuan guru sebagai tenaga kependidikan akan berimplikasi kepada hasil yang dicapai dari suatu proses pendidikan. Karena pada dasarnya guru sebagai tenaga kependidikan merupakan tenaga lapangan yang langsung melaksanakan kependidikan.
Karena itu ilmu pendidikan sangat penting dan merupakan ilmu yang dapat mempersiapkan tenaga kependidikan yang profesional, sebab kemampuan profesional dalam pelaksanaan proses belajar mengajar merupakan syarat utama tercapainya tujuan pendidikan. Ilmu merupakan salah satu bidang pengajaran yang harus ditempuh dalam rangka mempersiapkan tenaga guru dan tenaga ahli kependidikan lainnya yang profesional.
Seorang guru memerlukan pengetahuan tentang ilmu pendidikan. Dalam hal ini Fakultas Tarbiyah merupakan salah satu fakultas yang akan mencetak calon-calon pendidik dan pengajar yang profesional. Upaya yang dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL I (Praktek Pengalaman Lapangan I) yang juga merupakan bagian integral dalam kurikulum. Selain itu PPL I juga diharapkan memberikan bimbingan merupakan langkah awal mengajar yang sebenarnya di masyarakat nantinya.
Praktikan pengalaman lapangan (PPL) 1 merupakan program yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN AntasariBanjarmasin yang berbasis keguruan. Kegiatan PPL 1 terfokus pada praktik mengajar, hal ini ditempuh dengan tujuan agar mahasiswa Tarbiyah nantinya siap untuk langsung kelapangan.
Adapun yang menjadi tujuan praktek pengalaman lapangan (PPL I) ini secara garis besar antara lain agar mahasiswa:
1. Mendapatkan bekal berupa pengetahuan dasar dan pengalaman yang berharga untuk dijadikan langkah awal ketermpilan dasar dalam mengajar
2. Mendapatkan keterampilan dasar dan kemudian mengembangkan keterampilan tersebut dalam proses belajar mengajar
3. Terlatih dan mampu mengembangkan keterampilan yang berhubungan dengan bimbingan dan penyuluhan sebagai bekal praktekan
4. Mendapatkan bekal praktekan dalam melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) II
5. Siap, terlatih, handal dan profesional sesuai dengan bidangnya sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
6. Mampu mengajar dengan berbagai variasi
7. Terampil dalam memberikan motivasi terhadap siswa
Manfaat praktek pengalaman lapangan (PPL) I adalah praktekan memiliki seperangkat pengetahuan, pengalaman dan keterampilan sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta mampu dan tepat menerapkannya di dalam maupun di luar sekolah.
No
|
Pertemuan Ke-
|
Kegiatan/bahan yang disampaikan
|
1
|
I
|
Pembekalan
- Teknik dan tata tertib PPL 1
- Keterampilan dasar mengajar
- Bimbingan pembuatan RPP PPL dan sistem penilaian
|
2
|
II
|
Pembekalan PPL 1 dari supervisor (lokal)
|
3
|
III
|
Praktik Mengajar ke-I di Ruangan LKK
|
4
|
IV
|
Praktik Mengajar ke-II di Ruangan LKK
|
5
|
V
|
Praktik Mengajar ke-III di Ruangan Micro Teaching
|
6
|
VI
|
Praktik Mengajar ke-IV di Lokal 2
|
7
|
VII
|
Praktik Mengajar ke-V di Lokal 2
|
8
|
VIII
|
Praktik Mengajar Ke-Vi di Ruangan Micro Teaching
|
Adapun sistematika laporan ini adalah:
BAB I :Pendahuluan yang berisi latar belakang penntingnya pelaksanaan PPL 1, tujuan dan manfaat pelaksanaan PPL 1, serta rencana kegiatan dan sistematika laporan.
BAB II : kegiatan pembekalan yang berisi jadwal kegiatan (hari, tanggal, tahun, dan waktu), dan materi pembekalan (waktu penyampaian, judul, pokok bahan dan isi materi pembekalan).
BAB III :Kegiatan praktik mengajar yang berisi pelaksanaan latihan mengajar (meliputi :waktu, satuan, pendidikan ,kelas,materi,komentar supervisior dan mahasiswa sebanyak empat kali latihan), dan pelaksanaan ujian mengajar sebanyak dua kali (meliputi:waktu, satuan pendidikan, kelas, materi, dan lain lain)
BAB IV :Masalah peran supervisoryang berisi masalah-masalah yang dihadapi , peran supervisor dalam kegiatan PPL 1, dan komentarterhadap PPL 1
BAB V :Penutup yang berisi kesimpulan dan saran-saran.
Lampiran-lampiran :
Yang berisi sistem Penilaian , dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP).
BAB II
Sebelum melaksanakan latihan mengajar mikro teaching di kelas para mahasiswa yang akan menjalani PPL 1 diberi pembekalan-pembekalan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di auditorium bersama seluruh peserta PPL 1 oleh pemateri dan dilokal masing-masing oleh supervisor.
B. Jadwal Kegiatan Pembekalan
Jadwal kegiatan pembekalan di auditorium dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2010. Adapun rincian kegiatannya sebagai berikut:
1. Pembukaan
Waktu : 08.00-10.00
Tempat : Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin
Oleh : Dekan Fakultas Tarbiyah (Drs. Syarifuddin Sabda, M.Ag)
a. Keterampilan Dasar Mengajar
b. Petunjuk dan Teknik PPL I
c. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Dan kemudian pembekalan dilanjutkan oleh supervisor pada hari sabtu tanggal 13 Maret 2010 di lokal LKK pada pukul 08.30 sampai 12.30.
Nara sumber yang menyampaikan materi-materi pada pembekalan PPL I di auditorium adalah mereka yang mempunyai keahlian di bidangnya, antara lain sebagai berikut:
1. Materi Keterampilan Dasar Mengajar oleh Dra. Hj. Rusdiana Hamid, M.Ag
2. Petunjuk dan Teknis PPL I oleh Dra. Suraijiah, M.Pd
3. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh Drs. H. Aswan, M.Pd.
Dan kemudian pada hari sabtu 13 maret 2010 oleh suvervisor yaitu Bapak Drs. Samdani, M.Fil.I memberikan materi pembekalan lebih mendalam dan mengatur jadwal pertemuan selanjutnya.
a. Memberikan materi-materi sebagai bekal mahasiswa dalam berpraktik meliputi tta tertib, micro teaching, kterampilan dasar mengajar, dan perencanaan pembelajaran.
b. Melaksanakan kegiatan latihan/administrasi/bimbingan konseling di kelas, midle dan final test di ruang micro teaching.
c. Memberikan penilaian secara langsung terhadap ketiga kegitan tersebut (poin b).
d. Memberikan umpan balik atau komentar kepada mahasiswa atau praktikan setiap kali latihan.
e. Menyerahkan nilai ke TIM pengelola PPL 1, paling lambat 3 hari setelah ujian praktik mengajar belangsung.
a. Mengikuti seluruh kegiatan PPL 1 baik kegiatan pembelkalan teoritis maupun praktik mengajar.
b. Frekuensi latihan praktik mengajar mahasiswa sebanyak 4 kali ditambah 2 kali ujian praktik mengajar (terhitung 14 kali pertemuan) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Setiap kali pertemuan (tiapminggu) terhitung dua kali petemuan
2) Sebelum berpraktik, mahasiswa atau praktikan harus membuat perencanaan pembelajaran dan harus dikonsultasikan serta disetujui (ditandatangani) oleh supervisor
3) Mata pelajaran yang dipraktikan harus sesuai dengan jurusan masing-masing, dengan sub pokok bahasan yang berbeda untuk setiap kali praktik mengajar, yang terdiri dari 6 kali praktik diambil dari mata pelajaran MTs dan MA (termasuk ujian praktik)
4) Setiap mahasiswa atau praktikan tampil latihan mengajar selama 20 menit untuk setiap kalilatihan, termasuk ujian praktik
5) Praktik mengajar ke 1 sampai 4 dilokal sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
6) Praktik mengajar ke 5 adalah midle test yang dilaksanakan diruang micro teaching
7) Praktik mengajar ke 6 adalah final test yang dilaksanakan d micro teaching.
c. Setiap praktikan harus mengikuti tata tertib yang berlaku, diantaranya:
1) Setiap mahasiswa(i) harus berpenampilan yang layak sebagai seorang guru.
2) Mahasiswa(i) harus berpakaian rapi dan sopan dengan kemeja atau atasan yang berwana putih dan celana atau bawahan yang panjang berwaran gelap.
3) Mahasiswa(i) tidak diperkenankan berkuku panjang dan khusus bagi mahasiswa laki-laki tidak boleh berambut panjang.
4) Mahasiswa(i) harus memakai sepatu dan kaos kaki serta tidak diperkenankan memakai sendal atau sepatu sendal.
5) Mahsiswa(i) harus hadir dalam ruangan lima menit sebelum acara dimulai.
6) Mahasiswa(i) yang meninggalkan ruangan harus seizin supervisor.
7) Mahasiswa(i) tidak boleh berpakaian yang ketat dan transparan.
8) Hal-hal yang belum disebutkan dan menurut supervisor urgent, maka dapat ditambah dalam pembekalan.
1. Pada Tanggal 11 Maret 2010
Waktu Penyampaian : Pukul 09.15-10.55
Judul : Keterampilan Dasar Mengajar
Pokok Bahasan : Beberapa Keterampilan Dasar Mengajar
Isi Materi : Beberapa Keterampilan Dasar Mengajar:
1. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2. Keterampilan bertanya dasar dan lanjut
3. Keterampilan memberi penguatan
4. Keterampilan mengadakan variasi
5. Keterampilan menjelaskan
6. Keterampilan membimbing diskusi
7. Keterampilan mengelola kelas
8. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
2. Pada tanggal 11 Maret 2010
Waktu Penyampaian : Pukul 11.00-12.30
Judul : Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pokok Bahasan : Teknik penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Isi Materi : a. Hakikat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
3. Pada tanggal 11 Maret 2010
Waktu Penyampaian : 12.50-13.25
Judul : Petunjuk dan Teknis PPL I
Pokok Bahasan : Petunjuk teknis dan tata tertib pelaksanaan PPL I
Isi Materi : - Jadwal kegiatan
- Tugas pokok:
a. Supervisor
b. Praktekan
- Tata tertib bagi peserta PPL I
- Pembuatan laporan
4. Pada tanggal 13 Maret 2010
Waktu Penyampaian : 08.30-12.30
Judul : Keterampilan Dasar Mengajar
Pokok Bahasan : Beberapa Keterampilan Dasar Mengajar
Isi Materi : - delapan keterampilan dasar mengajar
- Jadwal pertemuan selanjutnya.
BAB III
· HANDAYANI
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar Supervisor
|
I
|
Kurban
|
MTs
|
IX
|
17 Maret 2010
|
Cukup bagus
|
II
|
Akhlak kepada Allah
|
MTs
|
VII
|
20 Maret 2010
|
Suara lantang
|
III
|
Akhlak Tercela
|
MA
|
XI
|
27 Maret 2010
|
Tata bahasa sudah bagus
|
IV
|
Talaq
|
MA
|
XI
|
7 Maret 2010
|
Bagus
|
· MERIANI
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Akhlak tercela kepada Allah
|
MTs
|
VIII
|
17 Maret 2010
|
Terlalu galak
|
II
|
Macam-Macam Hadist
|
MTs
|
IX
|
20 Maret 2010
|
Intonasi suara datar
|
III
|
Putus asa
|
MA
|
XI
|
27 Maret 2010
|
Kecepatan menjelaskan
|
IV
|
Khalifah
|
MA
|
XII
|
7 April 2010
|
Intonasi datar
|
· MUSTIKA NOOR SWANDARI
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Tayamum
|
MTs
|
VII
|
17 Maret 2010
|
Tulisan di caption lebih diperbesar
|
II
|
Meyakini Adanya Malaikat
|
MTs
|
VIII
|
20 Maret 2010
|
Kurang menguasai kelas
|
III
|
Thaharah
|
MA
|
X
|
27 Maret 2010
|
Cukup bagus
|
IV
|
Istinja
|
MA
|
XII
|
7 April 2010
|
Suara lantang
|
· M. NOOR
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Syukur
|
MTs
|
VIII
|
17 Maret 2010
|
Ekspresi wajah
|
II
|
Pengertian dan Fungsi Aluran Hadis
|
MTs
|
VIII
|
20 Maret 2010
|
Bagus
|
III
|
Pernikahan
|
MA
|
XI
|
27 Maret 2010
|
Bagus
|
IV
|
Pokok-Pokok Isi Al-Quran
|
MA
|
X
|
7 April 2010
|
Bagus
|
· MUHAMMAD ZA’IM
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Berdirinya Daulah Bani Abbasiyah
|
MTs
|
VIII
|
17 Maret 2010
|
Penguasaan kelas kurang optimal
|
II
|
Zakat Mal (Harta)
|
MTs
|
VIII
|
20 Maret 2010
|
Suara kurang lantang
|
III
|
Kemurnian Dan Kesempurnaan Al-Quran
|
MA
|
XI
|
27 Maret 2010
|
Baik
|
IV
|
Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang
|
MA
|
XII
|
7 April 2010
|
Penampilan masih agak kaku
|
· SITI QAMARIAH
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Persatuan dan persaudaraan
|
MTs
|
VIII
|
17 maret 2010
|
Salam jangan lupa
|
II
|
Puasa
|
MTs
|
VII
|
20 maret 2010
|
Bagus
|
III
|
Berlaku Adil
|
MA
|
XII
|
27 maret 2010
|
Materi nya harus lebih ditekankan
|
IV
|
Kewajiban Berdakwah
|
MA
|
XII
|
7 april 2010
|
Bagus
|
· SRI SYAUQAH NOR LAILATI
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
WUDHU
|
MTs
|
VII
|
17 Maret 2010
|
Jangan terlalu memakai bahasa daerah
|
II
|
Qalqalah
|
MTs
|
VII
|
20 Maret 2010
|
Tata bahasa sudah bagus
|
III
|
IDDAH
|
MA
|
XI
|
27 Maret 2010
|
Bagus
|
IV
|
Menjauhi Narkoba
|
MA
|
XI
|
7 April 2010
|
Bagus
|
· UMRAH MAHFUZAH
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Tata Cara Mandi
|
MTs
|
VII
|
17 Maret 2010
|
Tidak memakai caption
|
II
|
Biografi dan Khalifah Dinasti Abbasyiah
|
MTs
|
VIII
|
20 Maret 2010
|
Kelebihan waktu
|
III
|
Perceraian dan Rujuk serta Hikmahnya
|
MA
|
X
|
27 Maret 2010
|
Tidak menggunakan waktu dengan bagus
|
IV
|
Menghindari Prilaku Tercela
|
MA
|
X
|
7 April 2010
|
Terlalu sering senyum
|
· WAHYU AHYA
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Nun Syiddah dan Mim Syiddah
|
MTs
|
VII
|
17 Maret 2010
|
Hendaknya fokus kepada siswa yang belum bisa
|
II
|
Salat Berjamaah
|
MTs
|
VII
|
20 Maret 2010
|
Bagus
|
III
|
Surah al-Mukminun Ayat 12-14
|
MA
|
X
|
27 Maret 2010
|
Bagus
|
IV
|
Diskriminasi
|
MA
|
X
|
7 April 2010
|
Bagus
|
· ZUL AKBAR
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
Komentar
Supervisor
|
I
|
Perkembangan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin
|
MTs
|
VIII
|
17 Maret 2010
|
Bagus
|
II
|
Akhlak Terpuji kepada Allah swt
|
MTs
|
VII
|
20 Maret 2010
|
Penguasaaan kelas sudah baik
|
III
|
Wasiat
|
MA
|
XI
|
27 Maret 2010
|
Terlalu hening
|
IV
|
Khilafah
|
MA
|
XII
|
7 April 2010
|
Materinya banyak
|
B. Pelaksanaan Ujian Praktik di Micro Teaching
- HANDAYANI
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Haji
|
MTs
|
VII
|
5 April 2010
|
II
|
Islam di Indonesia
|
MA
|
XII
|
10 April 2010
|
- MERIANI
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
DOA
|
MTs
|
VII
|
5 April 2010
|
II
|
Hakikat iman kepada hari akhir
|
MA
|
XI
|
10 April 2010
|
- MUSTIKA NOOR SWANDARI
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Makanan dan minuman yang halal dan haram
|
MTs
|
VII
|
5 April 2010
|
II
|
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
MA
|
XI
|
10 April 2010
|
- M. NOOR
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Pasif
|
MTs
|
VIII
|
5 April 2010
|
II
|
Peran Walisongo
|
MA
|
XII
|
10 April 2010
|
- MUHAMMAD ZA’IM
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Rasul-rasul Ulul Azmi
|
MTs
|
VIII
|
5 April 2010
|
II
|
Sebab-sebab dan halangan mewarisi
|
MA
|
XII
|
10 April 2010
|
- SITI QAMARIAH
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Puasa Ramadan
|
MTs
|
VIII
|
5 April 2010
|
II
|
Hukum Syar’i
|
MA
|
XII
|
10 April 2010
|
- SRI SYAUQAH NOR LAILATI
Ujian Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
HIBAH
|
MTs
|
VIII
|
5 April 2010
|
II
|
FASKH
|
MA
|
XI
|
10 April 2010
|
- UMRAH MAHFUZAH
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Kaidah Ilmu Tajwid
|
MTs
|
VII
|
5 April 2010
|
II
|
Salat
|
MA
|
XI
|
10 April 2010
|
- WAHYU AHYA
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Sifat- Sifat Terpuji Nabi Muhammad Saw
|
MTs
|
VII
|
5 April 2010
|
II
|
Perang Khandak
|
Ma
|
XIII
|
10 April 2010
|
- ZUL AKBAR
Latihan Praktek Mengajar
|
Materi
|
Satuan Pendidikan
|
Kelas
|
Waktu
|
I
|
Taat
|
MTs
|
VIII
|
5 April 2010
|
II
|
Iffah
|
MA
|
XI
|
10 pril 2010
|
Dalam kegiatan praktik ini, kami secara keseluruhan mendapatkan masukan dan kritik membangun yang bermanfaat dari supervisor dan kawan-kawan sebagai kritik membangun diantaranya:
1. Guru hendaknya mengajar dengan ikhlas dan bersemangat.
2. Menguasai kedelapan keterampilan dasar mengajar, agar menjadi efektif dan efesien.
3. Saat memberikan pertanyaan kepada anak didik, tidak menunjuk langsung kepada anak yang ditanya, tetapi memberi tawaran pertanyaan kepada seluruh anak didik untuk menjawab.
4. Perhatikan dengan seksama jawaban/respon dari anak didik, agar tidak salah dalam memberi tanggapan balik.
5. Gunakan ekspresi/mimik dan intonasi suara dalam mengajar, agar anak didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
6. Menggunakan media misalnya dengan caption atau LCD yang jelas agar anak didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
7. Dalam menyampaikan materi pelajaran, sebaiknya jangan terlalu cepat/tergesa-gesa agar anak didik memahami materi yang kita ajarkan.
8. Sebagai motivasi, anak didik perlu diberikan hadiah (reward) bagi anak didik yang mampu menjawab pertanyaan.
BAB IV
Dalam melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan 1 (PPL), pada saat kegiatan pembekalan, praktik mengajar sampai ujian mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun praktikan dihadapkan dengan beberapa masalah diantaranya sebagai berikut:
1. Waktu praktik yang sangat singkat 1 X 15 menit saja, sehingga prakikan sulit dalam mengembangkan materi pembelajaran.
2. Pembekalan tentang ketrampilan dasar mengajar, dirasa masih kurang dimana hanya dilaksanakan dalam satu hari saja.
3. Kurangnya media yang tersedia, sehingga praktikan mengajar dengan media seadanya saja.
4. Karena kegiatan ini masih dalam tahap pelatihan awal, sehingga kadang-kadang masih terjadi aktivitas di luar rencana praktikan, misal teman sekelompok ada yang bercanda dan tidak serius memperhatikan.
5. Waktu pelaksanaan praktik terbentur dengan perkuliahan sehingga praktikan kurang fokus, dan kurang enak dengan dosen pengasuh mata kuliah.
Pada pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I, Bapak Drs. H. Samdani. M.fil.I selaku seorang supervisor memili peran yang sangat penting, karena dalam hal ini supervisor selalu memberikan arahan dan bimbingan secara terus menerus dalam melaksanakan latihan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL 1)
Selama kegiatan PPL 1 dilaksanakan, peran supervisor sudah sangat baik pada setiap pertemuan. Suverpisor selalu membantu praktikan, dengan memberi saran, kritik, dan masukan yang sangat membangun.
Dengan adanya supervisor maka praktikan mendapat pengetahuan dan pelajaran berharga mengenai tata cara mengajar yang baik dan benar
Pelaksanaan PPL I ini sudah cukup baik, dan nantinya diharapkan terus ditingkatkan, oleh karena itu maka persiapan-persiapan program harus benar-benar matang sehingga praktikan dengan mudah menerapkan ilmunya di lapangan. Dari sinilah awal dari sebuah pengalaman bagaimana menjadi seorang guru yang bertanggung jawab dengan tugasnya.
Sebelum kami berkomentar lebih jauh, terlebih dulu kami mengucapkan terima kasih kepada Tim pengelola PPL 1 dan Bapak supervisor Drs. H. Samdani. M.fil.I, karena telah memberikan bantuannya sehingga PPL 1 kami telah selesai. Kemudian komentar kami terhadap PPL 1 adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan PPL 1 ini sangat banyak memberikan manfaat bagi kami, dalam hal ilmu-ilmu belajar sebagai bekal kami menjadi guru nanti.
2. Kemudian, berkenaan dengan pelaksanaan PPL 1 ini, kami menyarankan hendaknya pelaksanaan PPL jangan terbentur dengan waktu kuliah.
3. Menurut kami waktu yang diberikan untuk praktik mengajar sangat sedikit, sehingga sangat sulit bagi saya untuk mengembangkan materi dan mencapai tujuan yang ingin diraih.
4. Jumlah praktik yang dilakukan yaitu 6 kali menurut hemat kami masih kurang, baik kalau dilakukan 10 kali sehingga bisa lebih trampil melaksanakan aktivitas mengajar.
Pelaksanaan PPL I ini sudah cukup baik, dan nantinya diharapkan terus ditingkatkan, oleh karena itu maka persiapan-persiapan program harus benar-benar matang sehingga praktekan dengan mudah menerapkan ilmunya di lapangan.
Dari sinilah awal dari sebuah pengalaman bagaimana menjadi seorang guru yang bertanggung jawab dengan tugasnya. Dalam kegiatan yang telah terlaksana terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan oleh supervisor diantaranya:
1. Kelemahan-kelemahan
a. Keterbatasan waktu meyebabkan penyampaian materi tidak tersampaikan secara maksimal.
b. Ada beberapa mahasiswa praktikan yang masih gugup atau kurang percaya diri dalam hal menyampaikan materi,mungkin ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya diantaranya:
1) Pengaruh psikologi seseorang tersebut
2) Kurang menguasai bahan yang akan disampaikan
3) Belum matangnya persiapan untuk materi
c. Kurang kuat memberikan motivasi atau sumbangsih berupa nasehat kepada peserta didik
d. Sebagian mahasiswa praktikan masih ada pengaturan vokal/intonasi dalam menyampaikan materi yang belum tepat
2. Solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada
a. Programkan materi yang ingin disampaikan dengan dengan sebaik mungkin
b. Sering-sering berlatih berbicara dengan baik dan sistematis
c. Berikan motivasi yang menggugah semangat peserta didik untuk lebih semangat belajar
d. Latihan vokal serta intonasi secara teratur,akan memperindah ketika menyampaikan materi
BAB V
Dari beberapa uraian di atas maka praktekan dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Dengan adanya pelaksanaan PPL I ini terutama Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin memiliki seperangkat pengetahuan, pengalaman, keterampilan, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya
2. Seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teoritis dalam mengajar tetapim juga harus memiliki kemampuan praktis sehingga praktekan dapatmenerapkannya dilapangan atau lingkungan sekolah
3. Dengan adanya praktek mengajar ini praktekan dapat merasakan suka dan dukanya menjadi seorang guru
4. Kesulitan-kesulitan yang dialami praktekan selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) I berlangsung Alhamdulillah dapat diatasi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
1. Pelaksanaan pembekalan PPL I dan kegiatan di micro teaching hendaknya tidak berbenturan dengan jadwal kuliah
2. Hendaknya waktu yang disediakan untuk praktek mengajar ditambah karena praktekan tidak bias mengembangkan kemampuan.
http://kitaabati.blogspot.com/2012/05/pengertian-rasul-ulul-azmi-dan-para.html
BalasHapushttp://miazart.blogspot.com/2011/02/perencanaan-sistem-pembelajaran-pai.html
http://miazart.blogspot.com/2011/02/aliran-syiah-khawarij-murjiah-qadariyah.html
http://kitaabati.blogspot.com/2012/04/rpp-mata-pelajaran-aqidah-akhlak.html
http://miazart.blogspot.com/2011/02/dasar-tujuan-ruang-lingkup-dan-fungsi.html
http://kitaabati.blogspot.com/2012/08/fungsi-fungsi-kurikulum-pai.html
http://miazart.blogspot.com/2011/01/contoh-takhrij-hadist.html