RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah Negri I Banjarmasin
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Sub Bahan : Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang ”Dinamis”
Kelas/Semester : XII/ Ganap
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
Pertemuan ke : 5
I.
Standart Kompetensi
II.
Kompetensi Dasar
1. Menganalisis
pemikiran Muhammad Iqbal tentang ” Dinamis”.
III.
Indikator
Setelah
materi ini disajikan, maka siswa diharapkan dapat:
IV. Materi Pelajaran (Terlampir)
1. Pemikiran Iqbal
tentang ”Dinamis”
V. Metode dan Strategi Pembelajaran
VI. Kegiatan Belajar Mengajar
No
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1
|
Pembukaan
a. Salam
b. Membuka Pelajaran
c. Absensi
d. Menuliskan tema
yang akan dipelajari
f. Guru memberikan
penjelasan dan mengulas secara singkat jawaban yang diberikan siswa
|
1. Ceramah
2. Tanya jawab
|
3 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan materi dan memberikan foto copy pemikiran Muhammad
Iqbal tentang Dinamis.
b. Guru memberikan
kesempatan bagi siswa untuk bertanya.
c. Guru bersama murid yang
lain menjawab pertanyaan.
d. Guru memperikan
pernyataan pro kontra yaitu setujukah dengan pemikiran Muhammad Iqbal tentang
dinamis.
e. Guru membagi kelas
menjadi dua tim debat yaitu pro dan kontra secara acak, setiap tim dua orang
yang menjadi pembicara, dan dua orang lagi menjadi penanggap.
f. Guru mempersilahkan
masing-masing tim untuk menyampaikan argument pembuka secara gantian.
g. Guru menyuruh masing
masing tim untuk berdiskusi dan menyusun strategi dalam rangka mengkonter
argument pembuka dari pihak lawan.
h. Guru menyuruh siswa
kembali ke debat. Untuk memberiakn argument tandingan secara berselang
seling.
i.
Guru mengakhiri debat tanpa menyebutkan siapa pemenangnya.
|
Ceramah dan
Strategi Debat Aktif
|
10 Menit
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama-sama
siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari serta menekankan
pentingnya pendalaman materi.
b. Salam
|
1. Ceramah
|
2 Menit
|
I. Alat dan Sumber Belajar
1. Bahan rujukan
a. LKS Hikmah / Forum Guru Bina PAI Madrasah Aliyah, Sejarah kebudayaan Islam, (Sragen: CV. Akik Pusaka)
2. Alat Peraga/ Media
a. Laptop
b. LCD
II.
Evaluasi (Terlampir)
1. Free Test
Banjarmasin, 10 April 2010
Mengetahui Praktikum
Suvervisor
Drs. Samdani, M.Fil.I Muhammad
Za’im
Nip: 19690503 199703 2 001 Nim:
0701218057
LAMPIRAN
MATERI AJAR
A. Pemikiran Iqbal tentang
‘dinamis”
Dinamisme artinya tidak berhenti,
selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ketika umat kehilangan
dinamisme,maka kemunduran yang akan menyambut.
Menurut Iqbal ada beberapa hal yang
bisa dilakukan, yaitu:
1. Umat Islam harusmembangkitkan kembali tradisi keilmuan dengan membuka pintu ijtihad. Untuk itu
Iqbal mengemukakan konsep dinamisme Islam. Ijtihad adalah mencurahkan segenap
kemampuan intelektual, yang berarti menempatkan akal pada kedudukan yang
tinggi. Dalam kaitanyya dengan barat, Iqbal memandang barat tidaklah bagus
untuk dijadikan model peadapan. Kapitalisme dan materialism barat telah membawa
kerusakan yang nyata bagi kemanusiaan. Yang perlu diambil dari dunia barat
hanyalah ilmu pengetahuan dan teknologinya saja, bukan nilai hidupnya.
2. Perlunya Negara sendiribagi umat Islam india, terpisah dari umat Hindu. Tujuan pembentukan Negara
tersendiri ini ditegaskan oleh iqbal pada rapat Liga Muslim pada tahun 1930
yang mendapat dukungan dari para anggotanya. Sejakitulah ide dan tujuan
pembentukan Negara tersendiri diumumkan secara resmi, dan kemudian menjadi
tujuan perjuangan Naional umat Islam India. Karena idenya itu Iqbal di juluki
“bapak Pakistan.
- Ijtihad mempunyai kedudukan penting dalam pembaharuan Islam, dan pintu ijtihad tidak tertutup.
- Kemunduran Islam disebabkan oleh kebekuan dalam berpikir.
- Perhatian yang berlebihan terhadap zuhud membuat masyarakat tidak/kurang memperhatikan masalah-maslah dunia dan kemasyarakatan.
- Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi yang dimiliki Barat.
EVALUASI
1. Free Test (lisan)
a. Siapa pemikir konsep
sekularisme di turki!
Jawab :
a.
Mustafa Kemal Ataturk
TUGAS TERSTRUKTUR
RPP PPL 1
|
SUVERVISOR
Drs.
SAMDANI, M.Fil.I
|
RANCANGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN
Disusun Oleh:
MUHAMMAD ZA’IM
NIM. 0701218057
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI ANTASARI
FAKULTAS
TARBIYAH
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BANJARMASIN
2010
http://kitaabati.blogspot.com/2012/08/fungsi-fungsi-kurikulum-pai.html
BalasHapushttp://kitaabati.blogspot.com/2012/05/pengertian-rasul-ulul-azmi-dan-para.html
http://miazart.blogspot.com/2011/02/perencanaan-sistem-pembelajaran-pai.html
http://miazart.blogspot.com/2011/02/materi-pembelajaran-aqidah-akhlak-pada.html