Jumat, 18 Januari 2013

RPP SKI (PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL TENTANG DINAMIS)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    :  Madrasah Aliyah Negri I Banjarmasin
Mata Pelajaran          :  Sejarah Kebudayaan Islam
Sub Bahan                 :  Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang ”Dinamis”
Kelas/Semester          :  XII/ Ganap
Tahun Pelajaran       :  2010/2011
Alokasi Waktu           :  1 x 15 menit
Pertemuan ke            :  5

I.       Standart Kompetensi
II.    Kompetensi Dasar
1.      Menganalisis pemikiran Muhammad Iqbal tentang ” Dinamis”.
III. Indikator
      Setelah materi ini disajikan, maka siswa diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan pemikiran Muhammad Iqbal tentang dinamisme.
IV. Materi Pelajaran (Terlampir)
1.      Pemikiran Iqbal tentang ”Dinamis”
V.  Metode dan Strategi Pembelajaran
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan strategi Debat Aktif
VI. Kegiatan Belajar Mengajar


No


Kegiatan

Metode

Waktu
1
Pembukaan
a.       Salam
b.      Membuka Pelajaran
c.       Absensi
d.      Menuliskan tema yang akan dipelajari
e.       Free Test (lisan)
f.       Guru memberikan penjelasan dan mengulas secara singkat jawaban yang diberikan siswa



1.      Ceramah
2.      Tanya jawab


3 Menit
2
Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan materi dan memberikan foto copy pemikiran Muhammad Iqbal tentang Dinamis.
b.      Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya.
c.       Guru bersama murid yang lain menjawab pertanyaan.
d.      Guru memperikan pernyataan pro kontra yaitu setujukah dengan pemikiran Muhammad Iqbal tentang dinamis.
e.       Guru membagi kelas menjadi dua tim debat yaitu pro dan kontra secara acak, setiap tim dua orang yang menjadi pembicara, dan dua orang lagi menjadi penanggap.
f.       Guru mempersilahkan masing-masing tim untuk menyampaikan argument pembuka secara gantian.
g.      Guru menyuruh masing masing tim untuk berdiskusi dan menyusun strategi dalam rangka mengkonter argument pembuka dari pihak lawan.
h.      Guru menyuruh siswa kembali ke debat. Untuk memberiakn argument tandingan secara berselang seling.
i.        Guru mengakhiri debat tanpa menyebutkan siapa pemenangnya.





Ceramah dan
Strategi Debat Aktif



10 Menit
3
Penutup
a.       Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari serta menekankan pentingnya pendalaman materi.
b.      Salam




1.    Ceramah




2 Menit

       I.      Alat dan Sumber Belajar
1.      Bahan rujukan
2.      Alat Peraga/ Media
a.        Laptop
b. LCD
    II.      Evaluasi (Terlampir)
1.      Free Test

Banjarmasin, 10 April 2010
Mengetahui                                                              Praktikum
Suvervisor

Drs. Samdani, M.Fil.I                                              Muhammad Za’im
Nip: 19690503 199703 2 001                                  Nim: 0701218057







LAMPIRAN
MATERI AJAR
A.    Pemikiran Iqbal tentang ‘dinamis”
Dinamisme artinya tidak berhenti, selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ketika umat kehilangan dinamisme,maka kemunduran yang akan menyambut.
Menurut Iqbal ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:
1.      Umat Islam harusmembangkitkan kembali tradisi keilmuan dengan membuka pintu ijtihad. Untuk itu Iqbal mengemukakan konsep dinamisme Islam. Ijtihad adalah mencurahkan segenap kemampuan intelektual, yang berarti menempatkan akal pada kedudukan yang tinggi. Dalam kaitanyya dengan barat, Iqbal memandang barat tidaklah bagus untuk dijadikan model peadapan. Kapitalisme dan materialism barat telah membawa kerusakan yang nyata bagi kemanusiaan. Yang perlu diambil dari dunia barat hanyalah ilmu pengetahuan dan teknologinya saja, bukan nilai hidupnya.
2.      Perlunya Negara sendiribagi umat Islam india, terpisah dari umat Hindu. Tujuan pembentukan Negara tersendiri ini ditegaskan oleh iqbal pada rapat Liga Muslim pada tahun 1930 yang mendapat dukungan dari para anggotanya. Sejakitulah ide dan tujuan pembentukan Negara tersendiri diumumkan secara resmi, dan kemudian menjadi tujuan perjuangan Naional umat Islam India. Karena idenya itu Iqbal di juluki “bapak Pakistan.
  1. Ijtihad mempunyai kedudukan penting dalam pembaharuan Islam, dan pintu ijtihad tidak tertutup.
  2. Kemunduran Islam disebabkan oleh kebekuan dalam berpikir.
  3. Perhatian yang berlebihan terhadap zuhud membuat masyarakat tidak/kurang memperhatikan masalah-maslah dunia dan kemasyarakatan.
  4. Umat Islam harus menguasai sains dan teknologi yang dimiliki Barat.

EVALUASI

1.      Free Test (lisan)
a.       Siapa pemikir konsep sekularisme di turki!
Jawab :
a.       Mustafa Kemal Ataturk



TUGAS TERSTRUKTUR
RPP PPL 1

SUVERVISOR
Drs. SAMDANI, M.Fil.I




RANCANGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN


















Disusun Oleh:

MUHAMMAD ZA’IM
NIM. 0701218057







INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
FAKULTAS TARBIYAH
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BANJARMASIN
2010


1 komentar:

  1. http://kitaabati.blogspot.com/2012/08/fungsi-fungsi-kurikulum-pai.html
    http://kitaabati.blogspot.com/2012/05/pengertian-rasul-ulul-azmi-dan-para.html
    http://miazart.blogspot.com/2011/02/perencanaan-sistem-pembelajaran-pai.html
    http://miazart.blogspot.com/2011/02/materi-pembelajaran-aqidah-akhlak-pada.html

    BalasHapus